Universitas Terbuka Juga Hadir di Luar Negeri, Berikut Cara Daftarnya

2

Oleh Finaira Kara


Suka bingung, nggak, sih, kalau diminta memilih antara kuliah, kerja, atau nikah? Terutama bagi pekerja yang berada di negeri orang. Pastinya untuk membagi waktu berkuliah dan bekerja, belum lagi yang sudah menikah, tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan harus dirincikan secara jelas supaya tidak saling bentrok. Nah, sebenarnya bisa kok kuliah sambil kerja dan membina keluarga bersama imam impian.

Buat kamu warga negara Indonesia yang sedang di luar negeri, tetap bisa menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri Indonesia, loh. Nggak perlu jugapulang kampung jauh-jauh demi mendaftar atau mengikuti rangkaian proses pendaftaran dan pembelajaran. Jawabannya ada di Universitas Terbuka, kamu juga bisa menjadi mahasiswa Universitas Terbuka di luar negeri. Nah, bagaimana cara daftarnya? Berikut cara sekaligus persyaratan mendaftar:

Persyaratan

  1. WNI atau WNA dengan izin Kementrian terkait.
  2. Memenuhi persyaratan yang ditentukan tiap prodi sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Katalog UT di tahun yang berlangsung.

Cara Mendaftar

Baca juga: Sistem Belajar Mandiri di Universitas Terbuka

1.Mendaftar secara individual

  • Melapor ke Kantor Perwakilan RI setempat untuk memperoleh informasi dan persetujuan sebelum registrasi.
  • Melakukan registrasi pertama secara online, cek link ini dengan memilih skema layanan non-SIPAS dan mengirim berkas regristrasi ke UPBJJ-UT LLN. Kelengkapan berkas terdiri dari: (1) Formulir F1 yang teah diisi lengkap; (2) Fotocopy ijazah terakhir yang dilegalisir asli; (3) Foto ukuran 2×3 sebanyak 3 lembar; dan (4) Daftar mata kuliah yang diregistrasikan maksimal 24 sks.
  • Mahasiswa bisa juga mengirimkan berkas-berkas pendaftaran (dapat diunduh melalui website http://www.luarnegeri.ut.ac.id) melalui email UT Luar Negeri.
  • Membayar administrasi perkuliahan sesuai jumlah tercantum dalam LIP (Lembar Informasi Pembayaran) dapat ke BRI, BTN, atau Mandiri. Bisa juga melalui e-banking dari ketiga bank tersebut.

2. Mendaftar melalui pokjar (kelompok belajar)

Baca juga: OSMB di Universitas Terbuka yang Buat Kamu Pengin OSMB Lagi
  • Hubungi pengurus pokjar setempat, informasi keberadaan pokjar dapat diperoleh di Kantor Perwakilan RI setempat.
  • Setelah itu, pengurus pokjar akan menginformasikan data mahasiswa ke UPBJJ-UT LLN dan Perwakilan RI.
  • Mahasiswa melakukan regristrasi dan menyerahkan berkas ke pokjar tersebut.
  • Membayar biaya administrasi perkuliahan sebesar yang tercantum pada LIP ke kelompok belajar, kemudian pokjar akan mengirim secara kolektif ke rekening UT.

Untuk pendaftaran melalui pokjar, hanya tersedia di negara tertentu, yakni Singapura, Malaysia, Hongkong, Korea Selatan, Taiwan, Arab Saudi, dan Qatar. Nah, tidak perlu lagi bingung ketika ingin mengejar studi, ketika sedang bekerja di luar negeri, bukan? Informasi selengkapnya dapat dilihat di website resmi Universitas Terbuka.


Pict from atdikbudkl.org

UAS tahun 2017 Universitas Terbuka pokjar Kuala Lumpur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here