Tips Menarik Tentang Body Painting

0

Body painting atau seni lukis tubuh ini memang lagi tren di kalangan masyarakat dunia baru baru ini, lalu apa sih sebenarnya Body Painting itu? Apa bedanya sama tatto. Body Painting atau seni lukis tubuh merupakan sebuah seni yang termasuk dalam kategori seni rupa dengan media cat, ya meski kebanyakan seni ini akan diartikan buruk di masyarakat apalagi yang full body paint. 

Tetapi harap dibedakan dengan tato iya?! Memang sekilas hampir sama dengan tato atau seni merajah tubuh yang biasa dilakukan di Suku Dayak atau tradisi mandhy di India, tapi ketiga seni rupa ini mempunyai perbedaan yang sangat signifikan.

Baca juga: Tradisi Unik Pernikahan di Jerman yang Buat Kamu Melting

Berikut perbedaannya:

Berikut adalah perbedaan yang signifikan :

  1. Tatto – menanamkan bahan tinta kedalam kulit dengan bantuan jarum. Proses membutuhkan perlalatan khusus dan keahlian khusus, ada efek samping. Body painting – Hanya menggambar biasa di luar kulit, dengan cara mengoleskan bubuk warna di campur air pakai kuas atau jari. Proses Mudah dan cepat bahkan anak-anak juga bisa melakukannya.
  1. Tattoo – gambar bersifat permanent dan tidak bisa hilang. Body painting – gambar sangat mudah dihilangkan setiap saat, bahkan keringat yang banyak ditambah 1 usapan tangan sudah bisa membuat gambar luntur.
Baca juga: Fakta Unik Tentang Wanita yang Harus Kamu Tahu

Body painting sebenarnya sudah marak di kalangan masyarakat Indonesia, di SMANETA juga tentunya. Namun di SMANETA hanya sekedar lukis wajah atau bisa disebut Face Painting. Di Indonesia sudah sering mengadakan event-event berbau body painting lhoo. Lebih serunya lagi seni body painting ini bisa menjadi penebal dompet atau hanya sekedar melakukan hobby bisa juga merebut juara dalam kompetisi. Seperti yang dilakukan oleh Fin, di setiap kesempatan event lomba lukis tubuh atau di festival tertentu.

Lalu jenis cat apa yang digunakan dalam seni yang satu ini? Kalau salah bisa menyebabkan alergi pada kulit. Cat yang sering digunakan adalah Snazarro yang bisa didapatkan di toko alat tulis. Tapi ada caranya untuk membuat cat warna alami yang biasa Fin gunakan juga demi menjaga keamanan kulit pengguna, nih caranya:

Baca juga: Kuliah Gratis? Di Universitas Terbuka Juga Bisa

Bahan dan Cara Membuat Sendiri Cat Warna Air:

  1. Siapkan tepung terigu/maizena pada 3 mangkok kecil berbeda. Isikan banyak atau sedikit tergantung kebutuhan sobat dalam menggunakannya.
  1. Panaskan air, kalau sudah mandidih, tuangkan ke dalam masing-masing mangkok berisi tepung. Tuangkan air bertahap, jangan menuang air langsung banyak ke dalam mangkok tanpa berisi tepung, dikuatirkan mangkok bisa retak terkena panas air secara langsung.Yup … cukup dengan 3 bahan diatas saja, Selanjutnya cat Air alami dapat dibuat dengan sangat mudah,  murah meriah, aman dipakai, serta gampang dihilangkan bila menodai pakaian, lantai, tembok atau lainnya. Selain itu … tentunya berguna dalam mengasah daya kreativitas kita semua.
  1. Tambahkan secukupnya Pewarna makanan berbeda pada masing-masing mangkok, Segera aduk dengan sendok-tepung dan air panas tersebut sehingga menjadi adonan yang agak kental. Jangan terlalu encer, nanti sulit di kuaskan warnanya ke badan atau tangan. Terkecuali kalau hanya untuk menggambar di kertas, maka agak encer tidak masalah.
Baca juga: DIFTERI, Selaput Putih Mematikan!
  1. Biarkan  adonan menjadi dingin sendiri. Selanjutnya adonan dalam 3 mangkok dengan warna Merah, kuning, dan biru diatas sudah siap digunakan. Bila menginginkan warna lainnya, siapkan mangkok baru dan silakan gunakan teknik pencampuran … misalnya …
  • Merah + Kuning … menjadi Oranye
  • Merah + Biru … menjadi Magenta
  • Kuning + biru … menjadi Hijau
  • Hasil kombinasi + hasil kombinasi lain … menjadi warna berbeda, dan seterusnya.

Lalu bagaimana caranya melukis? Peralatan yang dibutuhkan:

Baca juga: Resensi Novel Kumala Pusaka Kasih
  1. Snazaroo. Ada aneka pilihan paket kombinasi warna yang berbeda untuk acara yang berbeda. Pilihlah paket RainBow dengan 6 macam warna termasuk 1 kuas dan 1 Sepon untuk menghapus kesalahan saat mewarna. Snazaroo terbuat dari bahan makanan (food grade) sehingga aman bagi kulit dan tidak menyebabkan alergi, bahkan aman bilapun sampai tertelan anak-anak.
  2. Pensil alis empuk.
  3. 2 Mangkok kecil, masing-masing diisi air sedikit.

Mangkok yang satu untuk membasahi kuas, dan mangkok satunya untuk melunturkan warna pada kuas.

Cara Lukis wajah:

  1. Pastikan kulit wajah atau tangan bersih dan kering. Lalu gambar dengan pensil alis sesuai yang di inginkan.
  1. Basahi kuas Snazaroo ke dalam air sedikit saja, lalu oleskan pada cream warna Snazaroo secukupnya, kemudian oleskan pada wajah atau tangan yang sudah digambar tadi.
  2. Kombinasi warna lain, celupkan kuas pada mangkok air yang berbeda untuk melunturkan warnanya, kemudian oleskan pada cream warna lainnya yang diinginkan, lanjutkan mewarnai gambar pada wajah atau tangan.
Baca juga: Finaira Mendongeng: Kuda Komedi Putar

Jangan salah lho, seni yang satu ini punya peluang bisnis yang cukup menjanjikan dengan tarif yang bisa dibilang lumayan, misalnya di acara ulang tahun, pernikahan, acara-acara seperti car free day, halloween, tempat wisata, acara pameran, supporter dan lain lain. Nggak percaya? Fin sudah pernah membuktikannya.

So, bukan berarti body painting itu berbahaya apabila menggunakan bahan dan cara yang tepat. Buat yang berminat dalam bidang ini bisa dicoba dehh cara-cara di atas, siapa tahu bisa membuka peluang usaha. Kalau bukan sekarang kapan lagi??!_fin_


Postingan ini pernah dipublikasikan di web-blog Fin yang sebelumnya. Jadi, jangan dikira copas punya orang lain, ya. Web-blog finsternis finnr akan segera dihapus secara permanen [sekarang dalam tahap penghapusan seluruh pemrograman dan beberapa konten] dan seluruh aktivitas Fin akan berpindah ke web-blog yang baru ini.

Selamat berkarya! Jangan lupa untuk bahagia!


Pict from talented painter from Serbian, my favorite, Mirjana Kika Milosevic. Let,s check her another adorable paint bellow

And maybe, her paint will scary you. Just, be carefull, cause her paint-almost-always about pain and women.

Ditulis oleh Finaira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here