Tahukah Kamu? 8 Kopi Asli Indonesia ini Sudah Mendunia!

3

Indonesia sudah dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Pada 2016 Indonesia menduduki peringkat sebagai produsen kopi terbesar keempat di dunia. Rasa khas kopi Indonesia otentik tidak dapat ditemukan di kopi jenis lain.
Kopi Indonesia ini didistribusikan dari Sabang ke Merauke dan setiap daerah memiliki rasa yang unik. Dari berbagai jenis kopi asli Indonesia, jenis kopi otentik ini berhasil menarik banyak pecinta kopi. Ayo, berkenalan dengan 8 jenis kopi asli Indonesia!

1. Kopi Toraja
Ketika berbicara tentang kopi Indonesia yang paling terkenal, mintalah kopi Toraja yang pasti. Kopi yang disajikan dari Tana Toraja memang sangat terkenal di dalam dan luar negeri. Kopi dengan rasa yang khas ini memiliki rasa yang lebih pahit dan keasaman yang lebih rendah. Anda suka arabika atau robusta, Anda masih bisa mencoba rasa kopi Toraja.
2. Kopi Aceh
Aceh juga dikenal sebagai salah satu produsen kopi asli di Indonesia. Salah satu varian paling terkenal adalah Kopi Aceh Gayo. Kopi ini berasal dari dataran tinggi Gayo, perkebunan kopi biasanya terletak di ketinggian 1.200-1.700 mdpl. Penggemar kopi Arabika pasti akan jatuh cinta dengan kopi Gayo Aceh yang rasanya seperti rempah-rempah.


Baca juga:

Eksotisme Kopi Aceh Gayo yang Mendunia

Baca juga:

Menikmati Keindahan Pulau Dewata Lewat Rasa Kintamani

Baca juga:

Kopi dari Timur yang Memukau Dunia


3. Kopi Sumatra
Kopi Sumatra juga sangat terkenal di dunia kopi dunia. Kopi dari Sumatra ini memiliki banyak jenis kopi yang juga terkenal. Beberapa yang terkenal adalah Mandailing dan kopi Lintong. Kopi dari wilayah Sumatera memiliki rasa kopi yang lebih baik dengan rasa kakao atau tembakau. Salah satu Kopi Sumatera Mandailing yang dicoba adalah dari Kopi Anomali yang memiliki tingkat keasaman lebih rendah dengan rasa akhir tembakau.
4. Kopi Jawa Barat
Kopi Jawa Barat tidak setenar tiga kopi yang telah disetujui di atas. Tetapi kopi dari Jawa Barat dapat menyaingi rasa kopi Toraja, Aceh, dan Sumatra. Kopi Jawa Barat memiliki rasa buah yang lebih manis, rasa kopi ini sekarang naik dan banyak dicari. Meski masih sulit ditemukan, kopi dari Jawa Barat ini bisa menyaingi kopi dari Afrika dan Ethiopia.
5. Kopi Flores
Banyak orang yang mencari kopi dengan rasa sedang tidak terlalu pahit atau asam. Kopi Flores Bajawa adalah salah satu kopi dari Flores yang telah dikenal oleh banyak pecinta kopi. Kopi ini juga biasanya memiliki aroma buah dan sedikit bau tembakau setelah dicicipi.
6. Kopi Bali
Selain keindahan alamnya, Bali juga dikenal sebagai salah satu produsen kopi asli Indonesia yang memiliki cita rasa unik. Kopi Bali mengandung asam dan buah segar. Beberapa orang menyukai kopi Bali karena rasanya lebih lembut dan tidak berat. Anda dapat menikmati kopi Bali dari Anomali Coffee, Bali Coffee Kintamani dari Anomali memiliki rasa kacang dan juga segar.
7. Kopi Papua
Kopi yang berasal dari Indonesia Timur dapat menjadi juara di tengah keanekaragaman kopi asli Indonesia. Kopi Papua Wamena dengan rasa ringan dan khasiat manusia. Kualitas Kopi Papua tidak kalah dengan kopi yang dihasilkan dari perkebunan di Sumatera atau Jawa. Bagi Anda yang menyukai rasa kopi ringan dan lembut pasti akan jatuh cinta dengan kopi Papua.
8. Kopi Luwak
Beberapa tahun yang lalu Kopi Luwak sangat baik. Kopi Luwak yang memiliki rasa ringan dengan sentuhan rasa buah dan sedikit rasa rempah memang memiliki rasa yang unik. Kadar kafein yang rendah juga membuat kopi luwak tersedia bagi siapa saja.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here