Cari Hunian Aman, Sewa Apartemen Bisa Jadi Pilihan

1

Saat mendengar kata ‘rumah’ di pikiran kamu sejenak terlintas apa? Pasti adalah tempat untuk pulang, beristirahat, juga brain-storming berkreasi. Ada banyak hal juga yang harus dipertimbangkan saat memilih hunian, kurang lebih sama ribetnya seperti mencari pasangan, kalau kata orang Jawa, “jodo-jodoan.” Alias, cocok-cocokan.

Ada banyak pilihan memang terutama terkait dengan lokasi lahan, antara membeli rumah di pinggiran kota, sewa apartemen di Surabaya, beli apartemen di tengah kota Jakarta, atau memilih mengontrak rumah. Tentu saja, itu disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Selain itu, apa pun pilihannya pasti ada kelebihan dan kekurangannya.

Apalagi jika mencari lahan hunian di tengah kota besar, misalnya saja di Kota Surabaya atau di Kota Bandung, pasti lebih sulit lagi mencarinya. Maka itu banyak developer properti akhirnya menggaungkan hunian vertikal sebagai opsi yang menjanjikan sebagai jawaban. Tapi, akhirnya kamu dan aku kembali dipusingkan, harus beli … atau sewa saja, ya?

Nah, pertimbangan apa saja, sih, yang wajib kamu tahu sebelum memutuskan untuk memilih hunian? 

# Lokasi

Pertimbangkan untuk memilih apartemen terdekat dari pusat aktivitas kamu. Misal kamu bekerja di Surabaya, pastikan untuk sewa apartemen di Surabaya di sekitar tempatmu bekerja. Jika sulit, coba untuk mencari apartemen yang bisa kamu jangkau dengan transportasi mudah. Kenapa? Tentu untuk menghemat waktumu di jalan. Jangan menghabiskan waktumu di jalan, jika kamu bisa memakai waktu itu untuk beristirahat di apartemen nyaman.

# Fasilitas

Untuk fasilitas sewa apartemen, memang bisa memilih antara full-furnished atau semi-furnished. Apartemen dengan full-furnished rata-rata memiliki harga sewa lebih mahal dibandingkan dengan tipe semi-furnished. Namun, jika dihitung kembali, apartemen semi-furnished bisa dibilang boros, dari segi biaya dan waktu. Saat pindah, kamu nggak bisa langsung huni, karena harus mendekorasi lebih dulu. Kemudian, saat masa sewa kamu habis, kamu harus boyongan furnitur.

Beberapa apartemen baru, biasanya menyediakan banyak fasilitas yang mumpuni dan menunjang gaya hidup juga. Seperti ruang terbuka untuk bersantai para penghuni, tempat gym, bahkan kolam renang bersama, juga kafe, san beberapa fasilitas lainnya. 

# Status Lahan

Ada apa dengan lahan apartemen, bukannya kita nggak ada urusan dengan status lahannya, kan itu urusan developer? Memang, ini adalah urusan developer sebagai penyedia lahan. Tetapi, kamu juga perlu memastikan bahwa lahan apartemen kamu itu adalah benar-benar milik developernya. Jadi, lahan apartemen itu tidak berstatus BOT (Built, Operate, Transfer) alias status lahan milik pemerintah yang dimanfaatkan pihak swasta dalam jangka waktu tertentu. Nggak kebayang, kalau misalkan kamu sewa apartemen, lalu telanjur nyaman dan hendak memperpanjang sewa, tetapi kontrak lahan itu sudah habis.

# Budget

Nggak bisa dipungkiri, satu ini adalah pertimbangan utama. Jangan memaksakan diri untuk memiliki apa yang tidak bisa kamu usahakan. Kamu bisa memilih untuk sewa apartemen yang sesuai dengan kondisi keuangan kamu, yang mana ini berarti, kamu akan bisa hidup dengan layak setelah kamu tinggal di apartemen itu. Ada banyak apartemen dengan harga miring yang cocok untuk menjadi pilihan pencarianmu, kok. Salah satunya apartemen tipe studio yang bergaya minimalis, kamu juga bisa mengantisipasi harga dengan menyewa tahunan.

# Keamanan

Tinggal di apartemen memang harapannya keamanan terjamin 24 jam, bukan, ini juga menjadi pertimbangan penting bagi developer. Karena keamanan juga satu paket dengan kenyamanan. Semakin tinggi sistem keamanan, maka harga sewa apartemen juga bisa saja semakin tinggi. Pastikan juga hal ini kamu tanyakan kepada pihak developer agar kamu bisa bergerak dengan aman dan nyaman di rumah kamu sendiri.

# Lahan Parkir

Untuk kamu yang mempunyai kendaraan pribadi, apalagi kamu tinggal di kota besar, pasti merasakan bagaimana sulitya mencari lahan parkir. Nah, demi kemudahan dan kenyamanan kamu sendiri, pastikan sebelum sewa apartemen, tempat itu memiliki lahan parkir yang cukup dan kemungkinan berebut tempat dengan penghuni apartemen lainnya kecil. Untuk mengecek kondisi penuhnya, coba datang ke lokasi di malam hari. Sok, Teteh, Akang, mangga dipastikan bagaimana keadaan real-nya.

Karena kamu adalah penyewa apartemen, pastikan juga untuk memiliki bukti perjanjian sewa dengan developer. Hal ini akan meminimalisir kemungkinan yang tidak diharapkan di masa depan. Dalam perjanjian sewa apartemen ini, tanyakan pula apakah kamu boleh mendesain ulang ruang apartemen, atau juga kepastian tambahan seperti bolehkah membawa binatang peliharaan.

Kalau kamu sudah memutuskan untuk sewa apartemen, kamu bisa mulai berseluncur di internet mengenai apartemen seperti apa yang kamu mau. Tidak perlu repot mencari ke sana ke mari, karena ada beberapa website yang bisa membantu menemukan rumah buat kamu. Jangan lupa untuk mencari developer dan/atau pihak ketiga penyedia apartemen yang terpercaya.

Salah satu website penyedia informasi sewa apartemen yang aku rekomendasikan adalah www.sewa-apartemen.net dan yang aku tahu, situs ini sudah membantu para pencari apartemen sejak 10 tahun lamanya. Dan lagi, melalui testimoni yang aku baca, website ini juga membantu para pemilik apartemen untuk menyewakan unitnya kepada calon penghuni. Jadi, respon yang diberikan tergolong cepat dan up to date.

Di website itu, kamu akan disuguhi berbagai tipe dan lokasi apartemen. Mulai dari sewa apartemen di Bandung, juga beberapa kota besar di Indonesia: Medan, Yogyakarta, Banjarmasin, Tangerang, Jakarta, Depok, Semarang, dsb. Tinggal kamu mau pilih apartemen seperti apa, pastikan juga sudah menghitung budget kamu, supaya setelah membayar sewa apartemen kamu, kondisi finansial kamu masih bisa berjalan dengan mulus.

Jadi, kamu sudah memutuskan untuk sewa apartemen seperti apa?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here