Pantum: Reffil Toner Original, Jawaban Paling Aman Keresahan Pengguna Laser Printer

0

Annyeonghaseo, Chagi-deul!

Fin kok jadi sering banget ngomong bahasa Korea? Hahaha, nggak-nggak, ini nggak ada hubungannya dengan postingan kali ini. Hanya ingin mengingat kejadian sesuai dengan judul tulisan kali ini di atas itu. Iya, printer laser.

Sejak zaman SD, bagi para generasi millenial pasti sudah ada yang namanya tugas perkomputeran, kan? Entah hanya sekadar mencari dongeng di internet lalu di-print. Berlanjut ke jenjang kelas lebih tinggi, intensitas penggunaan internet dan dunia perkomputeran semakin tinggi juga. Contoh saja pada saat SMA, wah, itu sudah apa-apa gugling-ria dan berakhir dengan sebuah makalah tebal di meja guru yang metode pengerjaannya hampir mirip Bandung Bondowoso bikin seribu candi buat Roro Jonggrang.

Nah, singkat cerita, Fin punya pengalaman yang cukup mengesankan dengan keberadaan salah satu hardware dunia komputer ini, yap, printer. Waktu itu zaman SMA, Fin adalah sekretaris OSIS, yang mana tiap hari kerjaannya pasti berkutat dengan stempel, kertas, notulen, laptop, surat-menyurat, dan printer. Di ruang OSIS ada sebuah printer yang selalu menjadi jawaban dalam segala keresahan ketika sedang diburu waktu pengumpulan tugas, selain sebagai sandaran utama ketika akan print keperluan tugas OSIS.

Saat sedang terburu-buru, karena akan mengumpulkan tugas, akhirnya daripada terlambat lebih baik berangkat sedikit lebih pagi dan segera menggunakan printer di ruang OSIS dengan membawa kertas sendiri (biar nggak dikira korupsi kertas negara, wkwk). Nah, sampai di sekolah, ternyata tintanya habis. Padahal itu tugas sifatnya super urgent, setelah minta tolong untuk isi tinta, akhirnya bisa print tugas. Eehhh!!! Itu printer cetaknya lama banget dengan jumlah halaman yang banyak, padahal hanya tulisan doang isinya. Nggak cuma itu masalahnya, setelah selesai, lupa kalau tangan ini dulu sering keringetan, alhasil ya … mbeleber kemana-mana lunturan tintanya itu.

Printer Laser Jet

Karena sebuah kepercayaan bahwa printer laser akan lebih awet dipakai bagi aktivitas printer-printeran yang padat, terpilihlah printer laser jet sebagai kawan dan sandaran di kala keengganan. Nah, banyak teman-teman yang akhirnya bertanya, kenapa pakai printer laser? Kenapa nggak pakai printer inkjet, saja, yang lebih murah? Refill toner-nya juga pasti mahal, kan?

Mungkin pertimbangan Fin ini bisa membantu kamu untuk memilih printer laser daripada inkjet. Sebelumnya, printer sendiri adalah alat pencetak yang menggunakan media kertas dan dibedakan menjadi 3 jenis: printer ink jet, dott matrix, dan printer laser jet. Di Indonesia sendiri, menurut survey yang dilansir pada Tecno Okezone, sebagian besar konsumen printer di Indonesia masih menggunakan printer ink jet, sebesar 90% jika dibandingkan dengan pengguna printer laser jet yang hanya 10%.

Alasannya? Pasti karena printer ink jet harga beli dinilai lebih murah dibandingkan dengan printer laser jet. Padahal, berikut keuntungan penggunaan printer laser jet, sekaligus kekurangannya.

Kelebihan printer laser jet:

  1. Lebih irit selama masa penggunaannya, karena kebutuhan tinta yang kecil
  2. Kecepatan cetak yang bisa jadi andalan di saat apa pun, terutama yang butuh cetak cepat
  3. Kualitas cetak teks dan gambar yang menjanjikan
  4. Ketahanan dan ketajaman hasil cetakan yang tahan lama dan tidak luntur
  5. Bisa cetak berbagai ukuran kertas
  6. Berbagai pilihan termasuk collator dan stapler

Nah, sudah ketahuan, kan, harga yang hampir 3 kali lipat dari printer ink jet memang seringkali dinilai sebagai beban. Padahal harga itu adalah biaya kesempatan atau lebih tepat jika disebut sebagai modal jangka panjang yang harus kita keluarkan saat membeli. Ibarat jodoh, mahar kita itu menentukan komentar tetangga, eh, wkwk. Printer laser jet sendiri merupakan jenis printer yang menggunakan tinta bubuk atau biasa disebut toner dengan penggunaan perangkat infra merah.

Terus hal-hal yang jadi kekurangannya printer laser jet apa, Fin?

  1. Harga beli yang lebih mahal daripada printer ink jet
  2. Output printer tinta padat membuat kertas terjepit atau paper jams dengan auto feeder.
  3. Kemungkinan cetak warna yang tidak pas pada printer LED membuat gambar menjadi kabur.
  4. Hasil cetak printer laser yang tidak tajam ketika ketika toner akan habis, wkwkw, iyalah Fin.

Refill Toner Original yang Aman dan Berkualitas

Untuk mengatasi kekurangannya printer laser jet ketika hasilnya sudah tidak tajam, bisa diatasi dengan isi ulang tonernya. Yang mana masih banyak orang juga berpikir bahwa toner cartridge yang lain akan menurunkan performa printer laser jet, jadinya cenderung enggan mengganti konsumsi toner cartridge. Nah, sebelum itu kenali dulu apa saja jenis-jenis toner?

  1. Compatible Toner

Compatible toner adalah toner cartride yang terbuat dari casing non original yang menggunakan spare part baru. Jenis toner ini pas banget buat kamu yang pengin kualitas original, yang disandingkan dengan kesederhanaan biaya juga sistemnya. Saran Fin, kalau ingin pakai, pergi ke ahlinya untuk melakukan bongkar pasangnya, ya, karena casing tipis yang rentan kalau kamu belum terbiasa atau belum bisa.

  1. Remanufactured Toner

Hampir sama dengan compatible toner yang biasanya diproduksi dalam skala besar, remanufactured toner ini juga demikian pun termasuk dengan spare part barunya. Bedanya, remanufactured toner ini menggunakan casing cartridge original yang telah diproses sehingga terlihat baru. Pas banget buat yang pengin kualitas original, tapi minim budget.

  1. Refill Toner

Refill toner atau toner isi ulang ini adalah pengisian ulang toner setelah melalui proses pembongkaran dan pembersihan cartridge. Harganya juga ekonomis dan kualitasnya nggak kalah dari toner original printernya. Ada beberapa kriteria cartridge yang bisa diisi ulang dengan hasil print bagus, seperti yang menggunakan spare part: PCR, Doctor Blade, Magnet Cartridge, dan sebagainya. Untuk melakukan refill toner, kamu bisa pergi ke tempat penyedia jasa refill toner, kok, kalau takut salah atau baru pertama kali. Biasanya suka dag-dig-dug gitu, kan, wkwk kayak ketemu do’i.

Nah, tahu nggak, sih, kalau penggunaan refill toner ini juga sebagai salah satu cara untuk menghemat pengeluaran kebutuhan toner printer laser jet. Di mana toner originalnya bisa mencapai kisaran harga sak yuto, alias sejuta, sedangkan refill toner tidak sampai menginjak angka 20% dari harga itu dengan kualitas yang serupa. Namun, kamu mesti berhati-hati juga dalam membeli atau menggunakan jasa refill toner ini, pastikan kamu membeli refill toner original yang memang terpercaya dan berkualitas. INGAT UNTUK MEMBELI BARANG YANG ASLI, ya, wkwk, jangan memburu harga murah di toko sebelah, lebih baik beli di toko yang sudah terjamis kualitasnyaahh.

Refill toner cartridge bisa diulang berapa kali, Fin? Bisa sampai 100 kali lebih, jika dilakukan dengan cara yang tepat dan melakukan penggantian spare part yang aus ke spare part baru. Dengan melakukan hal ini, termasuk perawatan terhadap printer laser kita supaya bisa digunakan seperti toner original, juga memungkinkan kita untuk menghemat biaya cetak sebanyak 85%.

Keuntungan refill toner yang bisa didapatkan saat kita melakukannya dengan benar dan produk yang tepat:

  1. Biaya murah
  2. Blok lebih pekat daripada toner original
  3. Hasil cetak yang bagus
  4. Bisa ikut membantu kita menghemat dan menabung untuk biaya nikah yang sekarang jauh lebih mahal daripada biaya hidup, wkwkw.

Kerugiannya? Hasil cetak dari blok tipis atau raster jadi lebih agak kasar dibandingkan toner original, nah hal ini bisa diatasi dengan menurunkan derajat rasternya, hasilnya bisa sebagus toner original. Kadang ada masalah dengan bercak pada printer ketika menggunakan jasa refill toner yang tidak bagus, solusinya adalah mencari jasa refill toner yang bagus, meski menambah sedikit biaya lebih mahal, seenggaknya kita bisa dapatkan hasil sebagus toner original dengan harga yang ramah kantong. Bisa menimbulkan kerusakan pada printer, nah hal ini lebih sering disebabkan sama kerusakan spare part akibat tidak diganti atau dibersihkan secara maksimal. Lagi-lagi, balik sama penggunaannya.

Pantum: The New Era for Printing

Ngomongin soal refill toner original dan printer laser jet, Fin baru ketemu dengan Pantum. Benar, Pantum, bukan pantomim. Jadi, Pantum ini adalah salah satu produsen printer laser dan cartridge dari Tiongkok. Mungkin namanya memang belum familier di telinga kamu, ya, tetapi Pantum sendiri sudah menawarkan printer laser sejak awal dekade ini. Merk yang didistribusikan oleh PT. Jessilindo Pratama ini mengembangkan printer laser yang berkualitas dan ramah lingkungan karena limbah bubuk yang rendah.

Tipe-tipe printer laser yang ditawarkan Pantum antara lain Monochrome Laser Printer dengan variannya yang hasil cetakannya bersih, juga nggak bau. Salah satu variannya bahkan dilengkapi dengan Wi-fi dan kecepatan 22ppm, yang duty cycle-nya bisa sampai 15.000 halaman dengan resolusi 1.200 x 1.200 piksel.

Lalu ada Color Laser Printer dengan berbagai serinya yang hemat toner cartridge dan jaminan kualitas yang tinggi. Beberapa serinya seperti CM7105, CP2500, dan CP2300. Pantum juga memproduksi toner cartridge yang bisa digunakan oleh para penggunanya, supaya bisa makin setia sama Pantum karena produknya yang high tech dan lengkap.

Wait, wait, sebelum ngomongin lebih jauh lagi soal refill tonernya Pantum, Fin itu terkagum banget sama kecanggihan produk Pantum:

  1. Punya port USB yang bisa digunakan tanpa membuka laptop atau menyalakan komputer untuk mencetak, tinggal colokin USB aja ke port-nya.
  2. User friendly
  3. High tech
  4. Ramah lingkungan
  5. Terjangkau harganya
  6. Masa garansi tiga tahun dengan service point yang tersebar di 15 kota di Indonesia
  7. Sudah dipasarkan di China, USA, Eropa, Afrika Selatan, Timur Tengah, dan beberapa negara juga regionalnya. Pantum ini pusat pelayanannya ada di China, USA, dan Eropa.

Mau kepoin Pantum? Langsung ke media sosialnya aja buat stalking:
Instagram: @pantum.id
Facebook: Pantum id

Jadi kamu mau pilih mana?
Masih setia sama printer ink jet atau beralih ke Pantum Laser Jet Printer yang bisa diandalkan dengan performa dan kualitas terjamin? Wkwkwk, aku mau pindahan aja, eits, lupa, kalau sejak awal pakai printer sudah pakai printer laser.

#Tabik
Blogger Jomblo


Tulisan ini diikutsertakan dalam Ayomall x Pantum Blogger Competition. Segala infografis dan gambar adalah hasil edit Finaira Kara selaku penulis. Gambar diambil dari berbagai sumber tertera.

Sumber:

Pantum
Ayomall
Tecno.Okezone.com
Printersolution.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here