Oleh Finaira

Siapa yang tidak tahu rameon saat ini? Ya, makanan berupa mie khas negeri Ginseng ini begitu digilai oeh banyak orang. Hingga berbagai perusahaan mencoba untuk membuat rameon dengan berbagai kreasi yang siap memanjakan pecinta mie. Apalagi rasa nikmatnya pedas si rameon yang memang dikenal menggoda dan dijamin memanjakan pecinta pedas. Karena rameon yang dimakan dalam keadaan tidak pedas, terasa tidak sempurna di lidah.
Tidak hanya perusahaan besar yang membuat versi instannya, perusahaan UMKM di Kabupaten Malang pun banyak yang turut membuat rameon versi mereka sendiri.
Nah, salah satu cafe di Tumpang, Kabupaten Malang, ini contohnya. Yakni Cafe Masbro yang berdiri sejak Agustus 2015, atas inisiatif sebuah keluarga yang juga tinggal di Tumpang. Cafe satu ini termasuk salah satu tongkrongan arek-arek Tumpang yang sedang hits, loh. Apalagi dengan menu-menu yang dinilai kekinian pula.

Baca juga: Kuliner Malang! Queen Apple yang Siap Berbagi Kisah dengan Queen Story

Satu lagi, dari deretan keseruan si Cafe Masbro ini. Cafe yang terletak tepat di depan Kantor Polisi Sektor Tumpang ini akan memanjakan pecandu wi-fi, karena koneksi yang cepat dan stabil. Jadi, tidak perlu khawatir untuk teman-teman yang ingin sekadar ingin makan malam, atau melakukan kegiatan bersama teman-teman dengan segudang camilan seru. Teman-teman bisa mengunjungi cafe ini mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.
Cafe Masbro ini menawarkan berbagai menu seperti latte art yang pas untuk dijadikan postingan instagram, lalu olahan dimsum berupa siomay yang juga sedang menjadi tren tersendiri di kalangan anak muda, dan berbagai menu lain yang bisa dipastikan akan memanjakan perut pecinta kuliner. Salah satu menu yang menjadi andalan cafe ini ialah Rameon Masbro.

Apa, sih, perbedaannya dengan rameon di tempat lain? Keistimewaan utamanya ialah Rameon Masbro tidak dibuat dengan bumbu instan yang dijual di pasaran, melainkan dibuat sendiri (yang sayangnya, Fin tidak diizinkan untuk menengok dapurnya, karena resep adalah resep rahasia) oleh sang Koki usia 62 tahun ini. Ibu ini merupakan seorang ibu dari dua orang anak, yang berstatus sebagai pensiunan guru di salah satu TK di Tumpang.

Nah, Rameon Masbro beserta berbagai menu masakan di cafe ini merupakan hasil karyanya yang memang hobi memasak dan enggan diam. Ia juga menjelaskan dengan ramah mengenai segala tetek-bengek asal-muasal berdirinya si Cafe Masbro yang awalnya adalah usahanya untuk mendukung inisiatif dari kedua anaknya. Meski penghasilannya tidak begitu besar, tetapi keluarga ini tetap berusaha untuk berbagai kebahagiaan dengan rasa gurihnya rempah-rempah asli Indonesia.

“Semua masakan disini tidak pakai MSG, saya mau menjual makanan yang sehat dan fresh saja. Pakai bahan yang saya pilih sendiri, jadi kualitasnya terjamin,” ucap istri dari Pak Iman ini sembari tertawa saat Fin menggoda untuk menengok cara memasaknya. Itu dia yang dicari saat ini, yakni makanan buatan bahan-bahan asli tanpa pengawet ataupun bahan kimia seperti MSG yang sedang meresahkan.
Bagaimana sih rupa si Rameon Masbro yang banyak diminati pengunjung ini? Rameon Masbro punya porsi besar yang akan membuat teman-teman semua merasa kenyang saat memakannya, meski rasa di lidah akan terus ingin mengecapnya hanya dengan membayar 15.000 rupiah.
Rameon satu ini disajikan dengan setengah telur rebus, irisan sosis, irisan sayur sawi, dan suwiran daging ayam, serta taburan bawang goreng.
Rasa si menu kece satu ini benar-benar dijamin akan memanjakan lidah penikmatnya, bumb-bumbu rempahnya yang begitu terasa dan kuahnya yang tidak terlalu berminyak. Teman-teman bisa memesan tingkat kepedasannya sesuai selera, loh. Jadi, tidak perlu khawatir akan terlalu pedas atau kurang pedas di lidah teman-teman semua.

Setelah baca artikel ini, teman-teman masih diam di di tempat? Wahh, jangan sampai ketinggalan merasakan keseruan dari si Rameon Masbro ini. Dijamin ketagihan, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Atau sampai berjumpa di Cafe Masbro Tumpang dan selamat menjelajah dunia rempah si Rameon Masbro. _fin_


Report by @Finairakara

Photo by @madahaidara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here