OSMB di Universitas Terbuka yang Buat Kamu Pengin OSMB Lagi

2

Oleh Finaira


Saat mendengar kata OSMB/OSPEK pasti dalam bayangan calon mahasiswa baru adalah ‘pem-bully-an’ oleh senior. Atau berangkat dini hari demi menghindari menjadi sorotan dan hukuman akibat terlambat. Atau berlarian untuk mencari tandatangan panitia OSMB di tengah terik matahari. Atau pulang saat petang akibat kegiatan yang sangat menyiksa. Atau makan dalam waktu singkat. Atau telinga yang sakit dan membengung akibat suara bentakan panitia. Atau hal menyakitkan lainnya.

Baca juga: Kuliah di Universitas Terbuka? Kenapa Nggak?

Tenang, OSMB tidak seburuk seperti apa yang ada di pikiran kamu. Tidak semua universitas membolehkan dan melakukan hal demikian pada OSMB-nya. Karena hal itu juga telah ditentang oleh banyak pihak, yang membuat pemerintah pun bertindak. Jangan takut saat OSMB akan berlangsung, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru.

Apa, sih, OSMB itu? Orientasi Studi Mahasiswa Baru adalah kepanjangannya. Bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru pada lingkungan universitas, sistem pembelajaran, dan hal lain yang di masa mendatang akan sangat diperlukan. Belum lagi hal-hal lain seperti pelatihan untuk menjadi lebih bertangung jawab dan memiliki sikap untuk benar-benar menjadi mahasiswa: mandiri dan peduli.

Dua sikap itu bisa ditumbuhkan dengan berbagai cara, termasuk dengan kegiatan OSMB di Universitas Terbuka yang berbeda dengan universitas lain. OSMB untuk mahasiswa Universitas Terbuka yang hanya diadakan satu hari ini benar-benar akan membuat kamu pengin OSMB lagi.

Baca juga: Layanan UT Luar Negeri, Berikut Alamat Penyedia Informasi dan Konfirmasi

OSMB ini dilakukan di dalam ruang ber-AC dengan kursi empuk, yang akan membuat kamu merasa sedang mengikuti seminar kemahasiswaan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pun membuat kamu, calon mahasiswa merasa benar-benar tidak sedang OSMB. Materi tentang sistem pembelajaran, kemahasiswaan, bahkan motivasi dari kakak tingkat yang sukses meraih IPK kumlout di UAS sebelumnya disampaikan dengan cara yang menyenangkan.

Termasuk di dalamnya, penyampaian tentang peraturan OSMB di awal kegiatan. “Silakan bertindak seperti layaknya mahasiswa. Mengerti situasi dan tidak harus disuruh untuk diam saat ada orang lain berbicara.” [red, disampaikan salah satu staff UPBJJ-UT dengan redaksi berbeda bermakna sama.]

Yeah, dengan dua kalimat itu, OSMB rasa seminar nasional ini berlangsung tertib, aman, dan damai. Sebenarnya, bukan dalam kegiatan OSMB saja, kegiatan lain yang diadakan oleh UPBJJ-UT pun akan berlangsung serupa. Bukan berarti hanya diam selama acara, ya, tetapi memahami situasi. Turut berperan aktif dalam kegiatan, termasuk mendengarkan.

Baca juga: Sistem Belajar Mandiri di Universitas Terbuka

Selain ketertiban dan dukungan dua arah itu, kamu nggak perlu membawa makanan atau minuman yang harus dicari setelah menemukan kunci jawaban teka-teki dari panitia. Karena saat jam makan siang, kamu akan mendapatkan jatah makan siang. Kamu juga akan mendapatkan jam sholat yang mencukupi, alias tidak perlu terburu-buru akibat bunyi sirine dan bentakan panitia.

Kamu nggak perlu berangkat dini hari, karena OSMB dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Eits, meskipun demikian, tidak ada yang terlambat looh! Jam segitu, masih terlambat? Malu sama status mahasiswa yang sudah disandang. Kamu juga nggak perlu memakai kepangan sejumlah tanggal lahir atau hal-hal lain, cukup mengenakan pakaian kemeja putih dan rok/celana (wajib panjang) warna hitam.

Baca juga: Kuliah Gratis? Di Universitas Terbuka Juga Bisa

Kenapa UT melakukan hal demikian? Karena selain sistem pembelajaran di UT yang mewajibkan disiplin diri dari mahasiswa. UT juga akan memperlakukan mahasiswa sebagaimana seharusnya mahasiswa diperlakukan. Tentunya, di universitas lain pun melakukan OSMB dengan cara yang berbeda meski memiliki tujuan yang sama. Membuat mahasiswa memiliki kemandirian dan kepedulian.

Kamu penasaran dengan sistem belajar di UT? Yuk, simak terus di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat. _fin_


Pict from samarinda.ut.ac.id

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here