Keliling Dunia, Nasi Goreng di Beberapa Negara

1

Hidangan berat satu ini bukanlah menu yang asing di Indonesia. Bagaimana tidak? Nasi goreng adalah makanan yang paling sederhana dan bahkan bisa dipadukan dengan berbagai macam lauk untuk makan. Selain itu, kemudahan cara memasaknya juga membuat nasi goreng seringkali menjadi pilihan utama saat memasak dalam waktu singkat. Nasi goreng juga merupakan hidangan populer di Asia Tenggara dan Asia Timur.

Di mana sebenarnya nasi goreng muncul karena kebiasaan orang China yang tidak suka memakan makanan dalam kondisi dingin atau juga membuang makanan.Kini sepertinya, semua orang bahkan pernah mencicipi rasanya. Terlebih lagi, nasi goreng akhirnya yang kian populer menjadi memiliki banyak jenis karena dimasak di berbagai daerah. Tentu saja, tiap daerah memiliki ciri khas dalam aroma dan bumbu masakannya.

1. Indonesia
Nasi goreng di Indonesia selalu bisa dinikmati di manapun, karena hampir di setiap daerahnya pasti ada yang menjual nasi goreng. Beragam versi juga akhirnya muncul karena kreativitas para pedagang atau pencipta kuliner. Mulai dari menambahkan sedikit bumbu lain, atau komponen lain. Misalnya saja nasi goreng kambing, nasi goreng udang, nasi goreng teri, bahkan ada yang namanya nasi goreng gila. Karena level pedasnya yang luar biasa menyiksa.

2. Korea
Di negeri Kimchi ini, nasi gorengnya mendapatkan tambahan dari rasa makanan khas Korea. Apa lagi kalau bukan Kimchi? Namanya menjadi ‘Bokkeumbap Korea’. Meskipun sebenarnya, ini hanya hidangan nasi goreng yang dicampur dengan kimchi. Selain itu, nasi goreng sendiri tidak terlalu populer di Korea.
3. Thailand
Nasi goreng dari negara Gajah Putih yang paling terkenal yaitu Khao Phat Kai. Di mana di Thailand sendiri memiliki kualitas beras yang sangat baik. Juga menjadikan nasi goreng cukup populer di Thailand.

4. China
Di negara China, nasi goreng biasa digunakan sebagai alternatif untuk menghabiskan seluruh sayuran di akhir bulan, sebelum berbelanja bulanan lagi. Jadi, keseringan, nasi goreng khas China itu selain ada komponen nasi, sayuran dan daging biasanya juga lumayan mendominasi daripada sang nasi itu sendiri.

5. Turki
Pernah mencoba nasi goreng khas Turki? Jika di negeri Timur Tengah, biasanya hidangannya akan menggunakan beragam paduan rempah-rempah. Seperti nasi goreng khas Turki, di mana terdapat campuran rempah serta biasanya ditambahkan keju dan olahan kambing sebagai topping.

6. Spanyol
Mari beralih ke negeri di mana Edmond Kirsch dan Ambra Vidal berjumpa dalam Origin, yap! Spanyol! Di negeri ini juga terdapat hidangan nasi goreng yang patut untuk dicoba, yakni Paella. Di mana masakan ini memiliki sejarah pula dalam masyarakat Spanyol, juga dari berbagai sisi. Jika oleh masyarakat Valencia, Paella dianggap sebagai salah satu simbol bagi daerah Valencia.7. Malaysia

Nasi goreng asal negeri serumpun dengan Indonesia ini, memiliki bentuk yang cukup unik. Sekilas mirip omelet rice yang biasa muncul di film-film anime Jepang, ya? Ada nasi goreng yang terbungkus di dalam telur. Dengan saos di atasnya, yang bisa dibentuk. Nasi goreng ini ialah nasi goreng Pattaya. Kurang lebih, di jepang juga sama bentuknya hanya saja memiliki sebutan yang berbeda, yakni Omurice.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here