Ini ada banyak jenis kopi yang dimainkan di seluruh wilayah Indonesia yang memiliki selera berbeda. Kopi, yang merupakan sumber pendapatan bagi masyarakat dan juga negara, berkembang dengan baik yang membuat banyak jenis kopi diekspor ke seluruh dunia. Salah satu kopi terkenal yang saat ini dicari oleh para pecinta kopi adalah jenis kopi yang berasal dari wilayah Flores.
Kopi Flores ini memang memiliki aroma dan rasa yang berbeda dari yang lain. Keuntungan dan berbagai manfaat dapat diperoleh dari kopi daerah Flores. Semua keunggulan kopi yang satu ini tergantung pada ketinggian yang digunakan untuk menanam kopi untuk menghasilkan biji kualitas terbaik yang pernah ada.
Selain itu, tingginya yang bisa menentang hasil biji yang didapat, proses panen ini juga akan melibatkan biji kopi. Perlu hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum dikonsumsi, akan lebih baik untuk mempelajari berbagai macam informasi yang sangat berguna bagi Anda dan tidak perlu waktu untuk minum kopi yang tidak memiliki manfaat bagi tubuh kita.

Baca juga: Kenikmatan Kopi Bali Kintamani, Eksotisme Rasa Pulau Dewata

Penanaman Kopi Flores

Kopi Arabika yang ditanam di daerah Flores adalah kopi yang ditanam pada ketinggian sekitar 1.000 hingga 1.550 meter di atas permukaan laut. Pada ketinggian ini, Anda dapat yakin bahwa hasil yang Anda dapatkan akan memiliki kualitas tinggi. Di daerah Flores, kopi jenis ini ditanam di dataran tinggi Ngadha, yang merupakan salah satu dari dua area pertemuan vulkanik.
Secara administratif, daerah ini terletak di Kabupaten Bajawa dan Kecamatan Golewa. Di tanah subur ini memiliki suhu rata-rata 15-25 derajat Celcius yang sangat cocok untuk menanam kopi. Budidaya kopi Bajawa telah menjadi turun temurun sehingga semua warga menanam kopi di sekitar rumah mereka.
Perkebunan mereka masih sangat indah dan penanaman dilakukan untuk kopi bajawa masih dilakukan dengan sistem manual. Mulai dari penanaman, pemupukan hingga panen masih dilakukan dengan cara tradisional. Kemudian untuk kopi dari Manggarai sendiri terletak di Kabupaten Manggarai. Salah satu jenis kopi dari Flores memiliki karakteristik sendiri yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja.

Apa Saja Kenikmatan Dari Kopi Flores Ini?

Kopi yang berasal dari daerah Manggarai di Flores ditanam di daerah yang sama dengan ketinggian yang sama dengan penanaman kopi bajawa. Tidak hanya itu, Kopi, yang terkenal dengan aromanya yang kuat, telah menyebar ke seluruh wilayah Flores, di mana hampir semua penduduk mencari nafkah dari perkebunan kopi mereka. Kebun kopi untuk spesies Arabika dari manggarai ini memiliki distribusi yang lebih besar daripada Bajawa.
Selain itu, kopi kedua ini telah diekspor ke berbagai negara di dunia dan telah menjadi salah satu daerah ekspor kopi tertinggi. Salah satu negara yang telah berkolaborasi dengan Indonesia adalah Amerika Serikat. Negara adikuasa ini telah bekerja sama di bidang ekspor kopi Flores.
Ini karena ada banyak permintaan yang disukai oleh kopi jenis ini dari Flores. Karakteristik yang dibawa oleh kopi di Indonesia timur memiliki biji yang lebih besar. Selain ukurannya, ia juga memiliki warna-warna cerah yang menunjukkan kualitas kopi ini, termasuk kualitas tinggi. Terlepas dari itu, aroma tajam dan rasa yang sangat kuat membuat pecinta kopi menikmati setiap kopi kecil yang membuat lidah mereka sangat menyentuh._fin_