4 Tips dan Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG

4 Tips dan Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG

Finaira.id,- Siapa sih yang tidak mau bisa makan sehat tapi tetap enak? Ya, beberapa orang pasti ketika mendengar kalimat “makanan sehat” yang ada dalam pikirannya adalah makanan yang hambar dan seterusnya. Namun kini, makanan sehat dan enak bisa banget dibuat dan dikreasikan dengan mulai mencoba mengaplikasikan kumpulan resep masakan sehat tanpa MSG atau micin.

Tetapi sebelum kita membahas mengenai resepnya, ada beberapa hal penting untuk diperhatikan ketika akan membuat masakan sehat tanpa MSG ini. Semuanya dirangkum dalam tips masakan enak dan sehat tanpa MSG.

Tips Makanan Enak dan Sehat Tanpa MSG

Karena tubuh butuh energi dan nutrisi untuk bisa melakukan banyak kegiatan sehari-hari maka diperlukan asupan dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Tapi, kadang memang kita suka lupa bahwa tubuh tidak hanya butuh makanan saja melainkan juga nutrisi di dalamnya. Oleh karena itu penting sekali untuk memerhatikan bagaimana cara agar supaya makanan tetap sehat dan enak sehingga selain perut kenyang juga nutrisi bisa seimbang.

Perhatikan Waktu Memasak

Tips agar makanan sehat adalah meperhatikan waktu memasakanya, karena beberapa sayur sebenarnya punya karakteristik sendiri. Memasaknya terlalu lama atau terlalu cepat bisa mengurangi nutrisi atau malah menjadikan makanan itu menjadi golongan makanan tidak sehat. Salah satu jenis makanan yang memerlukan perhatian adalah brokoli yang relatif cepat sekitar 3 menit dan daging bisa lebih lama hingga teksturnya empuk.

Menggunakan Teknik Masak Yang Tepat

Tips agar makanan sehat kedua adalah dengan memperhatikan teknik masak yang digunakan. Karena ada beberapa jenis makanan yang tanpa perlu menambahkan MSG sudah menjadi makanan lezat selain juga sehat. Tekni memasak ini diantaranya adalah memanggang, mengukus, merebuh dan seterusnya.

Menambahkan Campuran Masakan

Tips selanjutnya agar bisa mengonsumsi makanan sehat dan lezat adalah dengan memperhatikan bahan campuran dari masakan. Artinya jangan asal mencampurkan bahan masakan, kalau bisa gunakan bahan alami untuk memberikan rasa dari sebuah masakan. Misalkan gunakan tomat, jeruk purut, jeruk nipis hingga jenis bahan makanan lainnya.

Kurangi Penggunaan MSG dalam Makanan

Tips keempat agar makanan tetap sehat adalah dengan mengurangi konsumsi micin atau MSG dalam masakan. Meskipun penambahan MSG dalam masakan membuatnya menjadi lebih gurih dan sedap, tetapi usahakanlah pelan-pelan untuk mengurangi penggunaan MSG dalam makanan.

Kumpulan Resep Masakan Enak Tanpa MSG

Masakan yang enak belum tentu sehat, tapi makanan yang sehat sudah pasti enak untuk dikonsumsi oleh tubuh. Kenapa bikin statement begini? Karena yang dibutuhkan oleh tubuh sebenarnya bukan makanan enak melainkan makanan sehat, untuk memnuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Makanan yang sehat tentunya tanpa MSG di dalamnya, dan ini adalah kumpulan resep masakan sehat tanpa MSG tapi tetap enak.

Oh ya, untuk kumpulan resep ini rata-rata menggunakan daging ayam, jika mau menggunakan selain daging ayam bisa menyesuaikan saja ya.

Resep Ayam Poprock Saus Tiram

Resep masakan sehat tanpa MSG yang bisa banget dijadikan sebagai ide untuk bekal anak atau bekal suami pertama adalah Ayam Poprock Saus Tiram.

Bahan Yang Perlu Disiapkan

  • 1/4 kg ayam fillet yang dicuci bersih dan dimarinasi dengan jeruk nipis
  • Saus tiram
  • Tepung Kobe serbaguna 200 gr
  • 100 ml air
  • Minyak secukupnya
  • 2 siung bawang putih

Cara Memasak Ayam Poprock Saus Tiram

Setelah bahan-bahan disiapkan, kini saatnya untuk mulai memasak. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melumuri ayam dengan saus tiram dan dimarinasi sekitar 15 menit. Jika ayam sudah dimarinasi, selanjutnya gulirkan ayam dalam tepung kering dari tepung kobe serbaguna dan ratakan. Langkah selanjutnya kemudian menggoreng ayam yang sudah dibaluri tepung hingga kuning keemasan selanjutnya diangkat dan sisihkan. Disisihkan di sini tujuannya agar minyaknya turun dulu sembari menyiapkan sau tiram pelengkapnya.

Untuk saos tiram pelengkap, cukup panaskan minyak goreng kemudian tumis bawang putih yang sudah dicincang halus. Jika sudah beraroma wangi, lanjut masukan air dan saus tiram dan masak hingga mendidih. Jika sudah dirasa matang dan sedikit mengental, siram di atas ayam crispy yang tadi dibuat dan hasilnya Ayam Poprrock Saus Tiram siap dinikmati.

Resep Ayam Geprek Sambal Korek

Para pecinta ayam geprek wajib banget cobain resep ini, karena tidak kalah rasanya dengan ayam geprek abang-abang di luar sana. Oh ya, untuk membuat ayam geprek sambal korek, tentunya harus menyiapkan dahulu bahan yang diperlukan.

Bahan untuk Ayam Geprek Sambal Korek

Beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat ayam geprek sambal korek adalah ayamnya sendiri dan bahan untu sambalnya. Jadi ada beberapa bahan yang diperlukan seperti:

  • 200 gram fillet ayam yang diiris tipis dan melebar
  • Tepung kobe serbaguna (bisa yang 200 gr) dibagi dua untuk adonan kering dan adonan basahnya; sekitar 12 sendok air sebagai campuran adonan dan 1 sendok untuk tepung tumisan serta pastinya minyak goreng
  • 15 buah cabe rawit atau bisa dilebihkan jika suka pedas atau dikurangi jika tidak suka pedas
  • 3 siung bawah merah dan 2 siung bawang putih
  • 1 sendok makan saus tiram
  • Gula serta garam secukupnya.

Cara Membuat Ayam Geprek Sambal Korek

Agar rasa ayamnya lebih enak dan tidak amis, maka ayamnya terlebih dahulu dimarinasi dengan perasan jeruk nipis. Jika sudah siap maka kemudian campurkan 3 sendok makan tepung kobe serbaguna premium non msg dengan 12 sendik air atau secukupnya saja. Selanjutnya masukan ayam tersebut dalam adonan basah kemudian lanjutkan dengan melumuri di tepung yang tidak tercampur air. Jika sudah maka goreng di minyak panas hingga kuning keemasan dan angkat lalu tiriskan.

Untuk sambalnya sendiri, bisa mengiris cabe rawit yang sudah disiapkan. campurkan dengan bawang merah dan bawang putih yang juga sudah diiris tipis lalu tumis hingga harum. Tambahkan saus tiram dan masak sebentar hingga dirasa matang. Jika sudah maka tuang sambal ke dalam cobek lalu ulek bersama ayam dan ayam geprek sambal korek siap dinikmati.

Resep Ayam Geprek Sambal Matah

Resep makanan sehat non MSG selanjutnya yang bahan utamanya dari ayam adalah ayam geprek sambal matah. Kombinasi antara ayam crispy dan sambal matah terbilang enak dan banyak digemari pecinta ayam. Bisa disajikan untuk keluarga tersayang seperti anak, suami, mertua atau bahkan tetangga. Sebelum mulai memasak jangan lupa untuk menyiapkan bahannya terlebih dahulu

Bahan – Bahan Yang Diperlukan

  • 1 buah dada ayam fillet (tanpa kulit), cuci bersih dan marinasi dengan air jeruk nipis
  • 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Serbaguna Premium tanpa MSG (200 mg)
  • 120 ml air
  • minyak goreng secukupnya saja
  • cabe rawit sesuai selera (jika suka pedas bisa di atas 20 buah)
  • 10 siung bawang merah
  • 1 buah tomat (bersihkan isinya)
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • gula dan garam secukupnya

Cara Membuat Ayam Geprek Sambal Matah

Setelah semua bahan disiapkan maka selanjutnya lanjut memasak. Langkah pertama adalah campurkan 1 bungkus kobe tepung serbaguna dengan air kemudian aduk hingga merata. Setelah itu baru rendam ayam fillet tadi ke dalam adonan basah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Berikutnya adalah gulirkan ayam yang sudah direndam ke dalam sisa tepung kobe yang tidak diberi air atau adonan basahnya. siapkan minyak panas dan goreng ayam yang sudah dibaluri tepung ke dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan, jika sudah maka angkat.

Lalu sambil menunggu minyaknya turun, siapkan sambalnya terlebih dahulu sebelum diulek atau digeprek. Oh ya, untuk sambal matahnya, potong cabe rawit, bawang merah dan tomat (bisa juga diulek kasar) tambahkan perasan air jeruk nipis, gula dan garam, kemudian aduk hingga merata. Kemudian geprek ayam crispy tadi dan makanan siap dihidangkan.

Kenapa Harus Menggunakan Tepung Kobe Serbaguna?

Ada beberapa point penting kenapa harus memilih dan menggunakan tepung Kobe Serbaguna ini, diantaranya; Pertama, Kobe Tepung Serbaguna Premium adalah tepung bumbu sehat yang tidak mengandung MSG dan memiliki kandungan vitamin untuk pemenuhan kelengkapan nutrisi. Kedua, Kobe Tepung Serbaguna Premium terbuat dari rempah pilihan dengan aroma gurih khas bawang putih sehingga membuat cita rasa gorengan menjadi lezat dengan tekstur yang renyah dan harum menggoda.

Ketiga, Kobe Tepung Serbaguna Premium praktis digunakan serta cocok untuk membuat hidangan gorengan apapun seperti ayam, tempe, seafood, tahu, tempe dan lain sebagainya. Serta keempat, Kobe Tepung Serbaguna Premium, Tepung Bumbu Tanpa MSG dan Bervitamin pertama di Indonesia! Tanpa MSG, mengandung Zat Besi, Serat Pangan, Vitamin B2, Vitamin B9, dan Mineral Zinc, serta tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan.

Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya adalah Tepung Kobe Serbaguna bisa didapatkan di minimarket terdekat atau bisa juga langsung membelinya di official store di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia

Finaira Kara

Finaira Kara adalah seorang blogger yang suka menulis fiksi dan masih aktif menulis novel di beberapa platform. Semoga kalian semua senang membaca tulisanku ya.! KAMSAHAMNIDA ;)

One thought on “4 Tips dan Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Nikmati Momen Quality Time Bersama Pasangan Ditemani Oreo 110th Birthday Celebration
Previous Post Nikmati Momen Quality Time Bersama Pasangan Ditemani Oreo 110th Birthday Celebration
Kusta dan Disabilitas Identik dengan Kemiskinan
Next Post Kusta dan Disabilitas Identik dengan Kemiskinan