Kuliner Malang: Ocean Garden Resto, Formasi Bintang Lima ala Indonesia

3

Ke Malang nggak cobain kulinernya yang bejibun? Nggak afdhol rasanya, kan?

Sebagai Kera Ngalam, yang seringkali makan di luar dan jalan-jalan ke sudut-sudut Kota. Fin termasuk orang yang nggak tahan dengan godaan makanan-makanan di Malang, meskipun terlahir, tumbuh, dan besar di Malang. Mau bagaimana lagi, ya? Malang itu merupakan surga bagi pecinta kuliner dan juga para wisatawan. Tercatat pula bahwa turis yang datang setiap harinya bisa mencapai 4000 orang. Nggak heran, bahwa Malang berhasil menyandang predikat sebagai Kota Wisata.

Hal ini didukung dengan demografis Malang yang sangat mendukung kegiatan pengembangan pariwisatanya, mulai dari cuaca, sampai hawa, bahkan membludaknya mahasiswa dan pelajar yang datang ke Malang demi mengenyam bangku pendidikan. Kalau sudah begini, usaha pariwisata juga akan berdampak kepada pertumbuhan perekonomian di Malang, pun termasuk wisata kulinernya yang saat ini sedang marak di Malang. Sebut saja salah satu restoran di Malang yang turut berpartisipasi dalam pertumbuhan wisata kuliner di Malang, Ocean Garden Resto.

Ke Ocean Garden bareng Blogger Malang

Sebentar, Fin usap iler, dulu, habis edit infografis postingan blog kali ini. (Tukang zoom foto makanan, nggak bisa tahan.)
Setiap kali lewat di Jalan Trunojoyo, nih, Fin selalu nengok ke arah tembok Oranjee di sudut itu, selalu ramai dengan kendaraan. Terutama kawasannya yang strategis sekali, dekat dengan Stasiun Malang Kota Baru. Kenapa selalu nengok? Karena rasa masakannya bikin rindu, seperti kamu. (Uhuuy, siapa Fin? Nggak tahu siapa, biarkan #BloggerJomblo halu di malam minggu.) Nah, kali ini Fin nggak hanya nengok saja, karena berhasil masuk dan makan berbagai menu yang ada di Ocean Garden bersama beberapa teman blogger di Malang, (6/10/19). Dan Fin akan berbagi hati alasan kenapa masakannya bikin rindu, walau sekali berjumpa, bawaannya pengin balik lagi.

Beberapa Menu di Ocean Garden Resto

#Resto Juara, Resto Keluarga

Ocean Garden ini adalah restoran yang mengusung konsep restoran keluarga, makannya jangan heran kalau tempatnya luas dan juga Kids Corner di salah satu sudut restorannya. Selain itu, restoran yang cikal bakalnya sudah ada sejak Juni 2009 ini, merupakan restoran yang seringkali mengikuti dan memenangkan kejuaraan memasak antar resto atau hotel di Malang. Kejuaraan terbaru yang dimenangkan oleh Ocean Garden di tahun ini adalah, Malang Culinary Festival yang ada dalam rangkaian acara HUT Kota Malang. Ocean Garden berhasil menjabat sebagai Juara 1 di kelas profesional.

“Ocean Garden ingin berpartisipasi dalam usaha memajukan pariwisata Malang,” ujar Pak Firman Ferdiansyah, selaku Manajer Marketing Ocean Garden yang kami jumpai di Ocean Garden Resto.

#Seafood ala Indonesia, Laut rasa Taman

Menu-menu yang ada di dalamnya, memang dominasi ikan (ya, iyalah Fin, orang dari namanya saja ‘OCEAN’. Kalau laper makan dulu sana, biar fokus nulisnya), tapi menunya nggak hanya ikan dan produk-produk bahari saja. Tenang, bagi kamu-kamu yang alergi dengan seafood macam Fin yang rapuh ini, bisa banget makan menu lainnya, seperti Ayam Bakar Pontianak dan Ayam Lodho, juga si Lumpia.

Dari namanya, konsep Ocean Garden pasti bisa ditebak, ya. Dari menu-menu memang best-seller si Gurame Bakar Pontianak, pedes banget ini, rekomendasi tingkat tinggi bagi penyuka pedas. Nggak cuma itu, Ocean Garden ini punya tampilan resto yang benar-benar adem, karena banyak pohon dan lagi ornamen kayu yang dipakai sebagai perabot. Pas banget untuk perbanyak foto di sini, sembari menikmati alunan musik Sunda dan makanan bergizi.

Beberapa outlet Ocean Garden yang hanya ada di Malang

#Nggak Ada Duanya

Menurut Pak Bambang Tri Setyawan, selaku GM Operasional Ocean Garden sekaligus Chef, “menu-menu di sini nggak bakalan ditemukan di tempat lain, khas dengan Ocean Garden, karena menu di sini merupakan menu modifikasi dari masakan Indonesia yang sudah ada.”

Hal ini benar-benar terbukti, gaees. Salah satunya saat Fin cobain makan si Ayam Lodho, makanan khas Trenggalek yang dimodifikasi oleh Pak Bambang agar cocok dengan lidah orang malang–yang notabene suka pedas. Menu best-seller favorit di Ocean Garden sendiri adalah si Gurame Bakar Pontianak, karena pedasnya nampol sekali. Ditambah rempah-rempah yang membuat si Gurame ini benar-benar bikin kangen coba lagi.

#Fresh-Food

Nggak perlu khawatir dengan kesegaran bahan makanan di Ocean Garden, karena Ocean Garden sendiri mempunyai cara untuk menjaga kesegaran bahan-bahannya agar rasa tetap ikut terjaga kualitasnya. Dari 5 outlet Ocean Garden resto di Malang, Ocean Garden menerapkan sistem distribusi bahan segar di pagi hari. Untuk ayam, jangan takut nggak halal, ya, karena tempat penginapan ayamnya juga diawasi langsung oleh pihak Ocean Garden dan penyembelihannya pun dilakukan di pagi hari sebelum digunakan pada hari yang sama tersebut. Penjagaan kualitas bahan ini juga berlaku bagi produk olahan seafood-nya, di tiap outlet terdapat kolam tempat penampungan kehidupan si ikan-ikan itu, loh. Jadi, nggak perlu takut kualitas kesegaran makanannya.

Fasilitas yang diberikan. Dan foto bersama Pak Firman Ferdiansyah (baju biru, depan) dengan para blogger Malang.

#Fasilitas Lengkap

Dengan area berkapasitas 700 orang, outlet Ocean Garden di kawasan Trunojoyo ini menyediakan beragam fasilitas. Sebagai restoran berkonsep keluarga, Ocean Garden ini menyediakan sudut bermain untuk anak-anak. Nggak hanya di outlet Trunojoyo, tetapi di outlet lain juga.

“Tujuannya supaya customer merasa nyaman di Ocean Garden, nggak cuma orang tuanya, tapi juga anak-anak,” ujar Pak Firman.

Dari beragam fasilitasnya, nggak heran kalau Ocean Garden seringkali menjadi jujukan para wisatawan dari berbagai daerah, juga negara tetangga. Ocean Garden resto ini pun bekerja sama dengan travel agent.

Rate harga dalam menu:
Makanan: 7k up to 95 k
Minuman: 0.5k up to 25k
Tersedia beragam paket hemat yang bisa jadi pilihan, juga paket nasi kotak (minimal 25 kotak, maksimal pemesanan 1 hari sebelumnya), catering, tumpeng (IDR 550k up to 900k), prasmanan (pemesanan maksimal 2 hari sebelumnya plus downpayment 50%).

Khasanah, Toko Oleh-oleh Khas Malang

Khasanah, Pusat Oleh-Oleh Khas Malang

Ocean Garden adalah salah satu usaha di bawah Turen Indah Group yang berhasil malang melintang di berbagai bidang usaha, seperti penginapan, properti, dan lainnya. Selain Ocean Garden, ada pula si toko oleh-oleh khas Malang yang wajib banget dikunjungi, selain tempatnya yang dekat dengan resto Ocean Garden outlet Trunojoyo, produk oleh-oleh yang ada juga lengkap banget.

Khasanah, toko oleh-oleh khas Malang ini ada tepat di samping pujasera dekat Stasiun Malang Kota Baru. Mulai dari beragam buah-buahan segar, kaos, syal, aksesori, dan berbagai olahan keripik dan makanan lainnya.

Lokasi: Jl. Trunojoyo Nomor 2, Malang, Jawa Timur

Well, kalau sudah ke Malang jangan lupa pulang, silakan merindu sepuasnya dan kembali lagi.

Tabik,
#BloggerJomblo

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here