Apa yang Harus Aku Lakukan? Kuliah tapi Tidak Mau Menyusahkan Orangtua Soal Biaya

1

Nama: Adik Cantik
Curhat soal: Kuliah
Curhat:Assalammualaikum, Fin, aku mau cerita nih. Aku baru aja lulus SMA, tahun 2018 kemarin ini. Aku pengeen banget ngrasain suasana perkuliahan kayak temen-temenku lainnya yang sudah daftar kuliah, aku juga daftar SBMPTN nggak lolos. Tapi aku masih mau kuliah. Tapi aku juga nggak mau nyusahin orangtuaku karena aku tau biaya kuliah itu nggak sedikit. Aku harus gimana?
Email: [email protected]


Ini adalah jawaban dari sesi curhat kamu ya, Adik Cantik yang mengisi form CURHAT. Semoga bisa menginspirasi dan menjawab pertanyaan serupa, ya. Selamat membaca dan jangan lupa untuk tetap berusaha serta bertawakal kepada Maha Cinta.


Finaira: Waalaikumussalam wa rahmah, Shaliha, yang insyaAllah selalu dirahmati oleh Allah. Kali ini Fin mau kasih jawaban untuk kamu lebih lengkapnya setelah sesi curhat panjang lebar melalui surel kemarin, ya.
Nah, Fin selalu senang mendengar sebuah kisah dari orang-orang di sekitar Fin yang masih tetap ingin menuntut ilmu, walau banyak cobaannya. Seperti kisah yang kamu bagikan kepada Fin beberapa pekan lalu. Meskipun banyak sekali orang yang mengalami hal serupa, tentu saja penangannya akan berbeda di tiap kisahnya. Semangat terus untuk kamu semua yang selalu haus akan ilmu pengetahuan dan mengenyam pendidikan!
Di masa sekarang ini, pendidikan memang menjadi unsur penting yang harus dilahap oleh semua orang, baik formal maupun tidak. Tapi, yang jelas, saat ini sudah menjadi tren bagi beberapa orang, bahwa jika kamu tidak memiliki ijazah atau bertitel di belakang dan/atau di depan nama kamu, rasanya akan dipandang rendah oleh orang lain. Terutama calon mertua. Beneran, loh.


Baca juga:

Kuliah di Universitas Terbuka? Kenapa Tidak?

Baca juga:

Kuliah Gratis? Di Universitas Terbuka Juga Bisa


Tapi, jangan khawatir bagi kamu yang kesulitan soal biaya. Kuncinya cuma wajib cari informasi. Kamu bisa masuk ke universitas-universitas dengan berbagai program beasiswa yang saat ini sudah banyak berhamburan. Kunci lainnya, kamu harus niat. Selama kamu niat untuk kuliah, kamu pasti bisa mencari informasi untuk menunjang kamu menggapai impian. Sekarang ini, sudah banyak sekali informasi-informasi pendaftaran beasiswa yang bertebaran di media sosial/website yang di-repost dari laman resmi penyedia beasiswa. Contohnya dari website www.indbeasiswa.com atau di instagram dengan keyword beasiswa.
Selain dari beasiswa-beasiswa tersebut, kamu bisa juga mendaftarkan diri sebagai penerima BidikMisi. Sudah pernah dengar beasiswa satu ini, kan? Ya, beasiswa ini dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah melalui Badan Ristekdikti untuk universitas. Dan kamu bisa menjadi salah satu penerimanya.

Selain itu, beasiswa BidikMisi ini juga bisa digunakan di universitas negeri. Salah satunya adalah di Universitas Terbuka. Kamu bisa berkuliah di Universitas Terbuka dengan tanpa biaya, selain itu kamu akan mendapatkan fasilitas lengkap seperti kamu kuliah di universitas negeri lain pada umumnya.

Gimana caranya?

Pertama kamu harus mencari informasi terkait tanggal-tanggal yang berhubungan dengan penerimaan mahasiswa baru BidikMisi UT di laman terkait, atau bisa menghubungi mahasiswa UT untuk mencari informasi terkait. Kamu juga bisa hubungi Fin melalui laman yang berisi form curhat.
Kamu cukup mengajukan permintaan kamu untuk mendaftar sebagai siswa penerima BidikMisi ke sekolah kamu.
Lalu kamu bisa datang ke UPBJJ-UT (kantor pelayanan administrasi UT yang ada di tiap daerah) untuk informasi lebih jelas, apabila kamu tidak ingin mengakses informasi melalui laman web.
Siapkan dokumen pendaftaran yang diperlukan. Seperti: fc raport, fc ijazah, fc kartu indentitas, fc sertifikat (jika ada), slip gaji orangtua, dan beberapa dokumen lain yang bisa kamu lihat di sini (insert link).
Datang ke kantor UPBJJ-UT terdekat pada saat masa pendaftaran dibuka. Dan ikuti prosedur yang disampaikan oleh staff terkait.

Begitu, Shaliha, semoga jawaban ini dapat membantu kamu dalam menentukan pilihan dan memenuhi rasa haus akan ilmu pengetahuan, ya. Untuk kamu yang ingin melakukan sesi curhat kepada Finaira, bisa langsung klik menu Curhat, ya. Untuk yang sudah curhat tapi belum direspon, harap bersabar yaa


www.finaira.id/curhat


Karena setiap kisah selalu punya penyelesaiannya masing-masing, dan Finaira siap membaca setiap keluh kesahmu. Bagikan cerita kamu dan jadilah inspirasi banyak orang!

Wassalammualaikum wa rahmah!
Best Regards,
Finaira

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here