Kuliah di Universitas Terbuka? Kenapa Nggak?

10

Oleh Finaira


Ada yang pernah dengar tentang Universitas Terbuka? Jangan seluk-beluknya, deh, namanya saja, ada yang tahu?
Rata-rata pasti akan tanya kembali, “Universitas Terbuka?” Ya, itu adalah rata-rata jawaban yang sebenarnya berupa pertanyaan jika ditanya tentang Universitas Terbuka. Eits! Jangan salah, universitas satu ini merupakan universitas negeri satu-satunya di Indonesia yang menggunakan sistem belajar jarak jauh dengan media online atau daring. Sistem ini juga digunakan di universitas-universitas luar negeri, contohnya di kampus Oxford. Di Universitas Terbuka kemudian disebut dengan sistem belajar mandiri melalui tuton (tutorial online).
Nah, sebelum mengetahui sistem perkuliahan dan seluk-beluknya, rekan-rekan harus tahu dulu mengenai profil Universitas Terbuka yang kemudian disebut UT. Universitas Terbuka itu perguruan tinggi negeri, ya? Kenapa namanya Universitas Terbuka?
UT merupakan perguruan tinggi negeri yang diresmikan sebagai Perguruan Tinggi Negeri ke 45 berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. Selain itu, UT telah mendapat akreditasi pada tingkat nasional dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), maupun di tingkat internasional berupa sertifikasi kualitas dari The International Council for Open and Distance Education (ICDE), dan ISO 9001:2008 dalam berbagai bidang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh dari SGS.
Karena sertifikasi dan akreditasi dari pihak-pihak itu, rekan-rekan nggak perlu khawatir kalau ijazah UT nggak bisa dipakai untuk melamar pekerjaan atau mendaftar ke perguruan tinggi di jenjang berikutnya. Selain itu, UT memberikan kemudahan bagi mahasiswa-mahasiswanya. Kemudahan apa?
Kemudahan yang ditawarkan UT tentu saja dalam sistem pembelajaran dan mendapatkan informasinya. Kantor pusat Universitas Terbuka berada di Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Tetapi, mahasiswa tidak harus berada di Tangerang untuk menjalani proses perkuliahan. Kok bisa? Kan sistemnya menggunakan sistem belajar jarak jauh. Jadi, di manapun mahasiswa berada, bisa belajar sepuasnya.
Rekan-rekan pasti tahu, bahwa menuntut ilmu tidak harus saat remaja atau saat muda saja, tidak harus duduk di kelas dan menantikan dosen memberi tugas atau materi. Ya, hal itu menjadi sebuah dasar bagi pembelajaran di UT. Yakni, terbuka bagi siapapun dan di manapun. Mahasiswa yang berada di luar negeri, di pelosok negeri, termasuk pula bagi mahasiswa yang sudah lansia dan masih semangat untuk belajar. Kenapa nggak?
Dari pada penasaran, yuk, cek informasi ke laman UT di www.ut.ac.id atau bisa melihat secara langsung kantor-kantor unit layanan UT yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, termasuk di luar negeri, disebut sebagai Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT). Kantor unit layanan ini adalah unit pelaksana teknis daerah, bertugas untuk lebih dekat dan mempermudah mahasiswa mengakses informasi serta memberikan bantuan, seperti pelayanan administratif akademik dan pelayanan akademik.
Sudah banyak mahasiswa lulusan Universitas Terbuka yang juga mendulang sukses, seperti para wisudawan di universitas lain. Sebuah lembaga pendidikan sukses bukan karena nama dan sistem pembelajaran yang bagus saja. Tetapi, kedua hal itu harus dipadukan dengan peran mahasiswa dan masyarakat di semua lapisan. Jadi, tetaplah belajar dan menuntut ilmu, demi membangun bangsa yang kuat dengan generasi yang luar biasa!_fin_

10 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here