Dukung Jurnalis Muda, Kembangkan Potensi Menulis

0

“Menulislah, maka kau akan hidup selamanya.” Ungkapan yang sering dijadikan sebagai motivasi para penulis.

Gerakan dukungan bagi para jurnalis muda dilakukan oleh Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kabupaten Malang untuk mendorong penulis muda dalam mengembangkan potensi menulis terutama bagi para jurnalis.

Baca juga: Kongres Bahasa, Lahirkan Kesepatakan tentang Penggunaan Kaidah Bahasa

PD IPM mengadakan sebuah pelatihan jurnalistik bagi pelajar SMA se-derajat yang menghadirkan jurnalis Radar Malang sebagai narasumber, Sabtu (24/9/2016) di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 50 jurnalis muda se-Kabupaten Malang secara resmi dibuka oleh Dr. H. Usmana selaku wakil dari PD IPM. Dengan mengusung tema Mendorong Aksi Kreatif dalam Mengembangkan Potensi Menulis merupakan sebuah even yang ditunggu-tunggu para jurnalis muda, terutama karena minimnya kegiatan kejurnalistikan di Kabupaten Malang, baik yang diselenggarakan oleh universitas, organisasi, atau redaksi media masa.

Baca juga: Sumber Pengembangan Kosakata Bahasa Indonesia

IPM mengadakan pelatihan jurnalistik karena minimnya aksi kreatif dalam penulisan yang dilakukan para jurnalis. Kondisi tersebut berkebalikan dengan maraknya majalah sekolah yang beredar. Even ini sendiri merupakan program kerja pertama dari IPM yang bertujuan agar jurnalis muda lebih aktif dan mencintai dunia jurnalis. ”Harapannya supaya penulis muda memiliki kebanggaan tersendiri dan lebih mencintai menulis,” ujar M. Alfian R. selaku ketua pelaksana.

Banyak anggapan yang muncul tentang jurnalistik yang identik dengan wanita. Padahal tidak hanya wanita yang dapat menjadi jurnalis. “Saya mengikuti pelatihan ini karena saya ingin lebih menguasai dunia kejurnalistikan,” ucap salah satu peserta pelatihan jurnalistik, Ganang Ardiyan dari SMK Muhammadiyah 6 Donomulyo. “Saya berharap kegiatan ini mengawali kegiatan lain dan berkelanjutan tiap tahunnya,” lanjutnya.

Baca juga: Kosakata Baru Bahasa Indonesia

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini berjalan dengan menyenangkan dan seru, terlihat antusias peserta yang tetap mengikuti kegiatan dengan aktif meskipun hari sedang hujan lebat.


Ditulis oleh Farha Rahmadhani W. dan Finaira Kara dalam rangka perlombaan tulisan berita dalam kegiatan tersebut di atas dan merupakan Juara Pertama Tulisan Terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here