Jenis-Jenis Tulisan yang Harus Kamu Tahu

0

Karya tulis sendiri banyak ragamnya ditinjau dari berbagai sudut. Berdasarkan bentuk dan isinya, karya tulis dibagi menjadi dua yakni fiksi dan nonfiksi (Romli, 2008). Ditinjau dari keformalan pengungkapan bahasa tulisnya, diklasifikasikan menjadi karya ilmiah dan karya ilmiah populer. Setelah bermimpi menjadi penulis, kamu ingin menjadi penulis apa? Penulis fiksi? Non-fiksi? Atau penulis serba bisa yang memakan dua jenis tulisan tersebut? Nah, kita akan membahasnya satu persatu berdasarkan tiap jenis dengan karakternya sekalian.

Baca juga: Sumber Pengembangan Kosakata Bahasa Indonesia

Jadi, apa itu fiksi? Menurut KBBI, fiksi ialah cerita rekaan alias tidak nyata, imajinasi semata. Menurut Romli, 2008, fiksi yaitu tulisan berdasarkan imajinasi, khayalan, tetapi tetap berpijak kepada gagasan nyata. Fiksi meliputi prosa (novel, roman, cerita pendek, fiksi mini) dan puisi (pantun, syair, lagu). Sedangkan non-fiksi tentu saja ialah tulisan yang berdasarkan data dan fakta. Kategori tulisan non-fiksi meliputi, esai, opini, karya tulis ilmiah, berita, resensi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Keterampilan yang Terdapat dalam Bahasa Indonesia

Contoh-contoh dari masing-masing jenis tulisan dan karakternya.
1. Fiksi, dapat diklasifikasikan menjadi dua bentuk, yakni:

  • Prosa, yaitu tulisan fiksi yang bersifat bebas, alias tidak terikat oleh kaidah kepenulisan yang terdapat dalam puisi, seperti rima. Contoh-contoh tulisan yang disebut prosa ialah seperti novel, cerita pendek, fiksi mini, roman, naskah drama, dan novelet.
  • Puisi, yaitu ragam sastra yang bahasanya terikat oleh kaidah penulisan seperti irama, rima, bait, matra. Bahasa dan diksi ditata dengan cermat sehingga terkadang dapat mempertajam kesadaran orang dan membangkitkan makna khusus. Terdapat beberapa jenis puisi, yakni puisi bebas, puisi berpola, puisi dramatik, puisi lama (pantun, gurindam, dan lain sebagainya), dan puisi mbeling.

2. Nonfiksi, diklasifikasikan dalam beberapa bentuk, yakni:

  • Esai, yakni tulisan berbentuk prosa yang membahas masalah atau topik secara sepintas melalui sudut pandang pribadi penulisnya. Esai terdapat beberapa jenis, yakni: esai deskriptif; esai ekspositori; esai naratif; dan esai dokumentatif.
  • Reportase, tulisan berupa laporan mengenai suatu hal melalui fakta yang ada di lapangan dan pengkajian dari pengamatan atau sumber tulisan.
  • Resensi, yakni tulisan berisi pertimbangan atau pembicaraan mengenai sebuah buku, atau bisa juga mengenai hasil kesenian, kasusastraan, dan lain sebagainya.
  • Karya Ilmiah, tulisan yang dibuat berdasarkan prinsip ilmiah, dengan data dan fakta melalui observasi, eksperimen, dan kajian pustaka.

Baca juga: Atasi Writers Block dengan Cara Kreatif

Nah, itu dia beberapa jenis tulisan yang telah diklasifikasikan sesuai jenisnya. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here