Jasa Asuransi, Sebenarnya Penting untuk Dimiliki?

1

Ngomongin soal jasa asuransi, memang sepertinya ini adalah hal yang sering kita dengar. terlebih baru-baru ini di kondisi yang begini. Namun, apa sih yang pertama kali kamu pikirkan saat mendengar kata asuransi? Ada yang mungkin berpikir asuransi adalah bentuk investasi, perlindungan diri, atau mungkin spekulasi terhadap kejadian di masa mendatang. Asuransi ini bisa dibilang mencakup itu semua, asuransi sendiri dari segi bahasa berasa dari bahasa Perancis Kuno ‘enseurance’ yang kemudian memiliki padanan dalam bahasa Inggris ‘ensure’ yang berarti menjamin. Kalau menurut Profesor Mark R. Green (1945), asuransi adalah lembaga ekonomi dengan tujuan mengurangi suatu risiko tertentu.

Setelah tahu sekilas tentang pengertian asuransi, ada beberapa istilah penting dalam jasa asuransi yang perlu kamu tahu, seperti premi, klaim, polis, dan beberapa lainnya. Selengkapnya seperti berikut ini, ya:

  • Premi asuransi
    Premi asuransi ini adalah sejumlah biaya yang kamu bayarkan sesuai dengan kesepakatan dan peraturan, sebagai pemegang asuransi (atau bisa disebut sebagai pihak tertanggung) kepada perusahaan asuransi (atau pihak penanggung). Premi ini wajib dibayarkan, agar kamu bisa mengajukan permohonan klaim nantinya.
  • Polis asuransi
    Setiap asuransi memiliki dokumen legal yang berisi berbagai ketentuan terkait produk asuransi yang kamu pilih. Polis ini berperan sebagai dasar hukum yang dibuat atas kesepakatan bersama, atas produk asuransi yang kamu beli. Maka itu, sebelum memilih produk asuransi, pastikan untuk membaca setiap poin dalam polis asuransinya baik-baik.
  • Klaim asuransi
    Atau fitur produk asuransi yang berupa permohonan pengajuan kamu, supaya perusahaan asuransi yang kamu beli produknya membayarkan atas bentuk kerusakan/kerugian yang kamu alami, tentunya hal ini sesuai dengan ketentuan dan syarat yang tertera pada polis.
  • Applicant
    Ini adalah calon pemegang polis yang mengajukan asuransi, jadi misalnya kamu mendaftarkan asuransi untuk orang tua kamu, nah, kamu ini adalah pihak pemohon atau applicant.
  • Insurable interest
    Adalah hubungan antara objek yang diasuransikan dengan pihak tertanggung.
  • Uang pertanggungan
    Sejumlah uang yang dibayarkan oleh pihak perusahaan asuransi, sebagai bentuk penanggungan finansial kepada pihak tertanggung, kalau sesuatu terjadi dan hal itu sesuai dengan aturan dalam polis asuransi.

Untuk yang sekilas terlintas, “apakah penting memiliki asuransi?”

Jadi, dari sudut pandangku, menggunakan jasa asuransi sendiri merupakan bentuk ikhtiar sebelum tawakkal. Jadi asuransi itu penting dimiliki bukan berarti kita pasti mati atau kita pasti mengalami hal yang tidak diinginkan. Tetapi, kehidupan sendiri adalah sebuah ketidakpastian dan orang-orang yang kita tinggalkan, berhak melanjutkan hidup yang berkualitas setelah kita nggak ada. Nah, asuransi ini ibaratnya memindahkan risiko finansial ke perusahaan asuransi, karena setiap keadaan itu menimbulkan risiko.

Terkait dengan kelanjutan hidup, ada beberapa jenis asuransi yang bisa kamu pilih, dan pastikan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan hidup kamu.

  1. Asuransi Kesehatan
    Jenis asuransi satu ini sepertinya sudah umum diketahui, di mana ini memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan untuk pemegang polisnya. Biasanya meliputi pertanggungan biaya kesehatan dan/atau perawatan sesuai dengan ketentuan dalam polis yang dipilih.
  2. Asuransi Pendidikan
    Jika di perbankan terdapat produk tabungan jangka panjang, maka jenis jasa asuransi satu ini bisa dibilang juga seperti investasi jangka panjang untuk pendidikan. Misalnya, kamu adalah seorang orang tua dan ingin biaya pendidikan anak kamu akan sangat terjamin, bahkan ketika kamu sudah tidak mampu bekerja. Jadi, nantinya anak kamu nggak akan kesulitan biaya pendidikan.
  3. Produk Asuransi Lainnya
    Produk jasa asuransi sendiri bermacam-macam jenisnya saat ini, seperti asuransi di tempat kerja apabila pemegang polis mengalami kecelakaan kerja. Ada pula jasa asuransi yang disediakan bagi traveler saat bepergian, asuransi masa pensiun, asuransi finansial atas suatu barang berharga atau produk bisnis, bisa juga asuransi dari bangunan, mobil, dan properti berharga lainnya.
  4. Asuransi Jiwa
    Jenis produk dari jasa asuransi satu ini sama pentingnya dengan produk asuransi lainnya, di mana dalam polisnya, asuransi ini memberikan sejumlah uang kepada pemegang polis apabila pihak tertanggung meninggal dunia. Jenisnya beragam, mulai dari term life, unit link, dan whole life. Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk jasa asuransi jiwa, salah satunya produk Zurich Proteksi 8. Di mana produk jasa asuransi ini memberikan perlindungan jiwa selama 8 tahun, khusus buat kamu yang tinggal di Indonesia, dalam rentang usia 18-70 tahun (usia tertanggung) dan 18-tak terbatas tahun (pemegang polis), memberikan solusi finansial untuk kamu dan keluarga, dan mendapatkan pengembalian premis sebesar 108% saat masa perlindungan berakhir.

Memiliki produk jasa asuransi tentunya banyak manfaat buat kamu, beberapa manfaatnya seperti mengurangi risiko finansial atas terjadinya hal yang nggak terduga dan terjadi tiba-tiba, karena itu juga akhirnya kamu bisa lebih leluasa dan merasa tenang kalau kamu ingin berinvestasi dengan sejumlah besar uang, nggak cuma asuransi menanggung risiko asuransi juga bisa menjadi bentuk produk investasi atau tabungan di masa depan, dan tentunya asuransi ini membuat kamu hidup lebih tenang karena meskipun terjadi sesuatu kepadamu anak’/keluarga/istri nggak akan terpontang-panting mencari uang untuk bertahan hidup.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here