Tentang

Kenapa Kamu Menulis? Profesi Kere yang Banyak Diminati

Menjadi seorang pribadi di zaman saat ini, tentu saja menjadikan diri seperti lebih berhati-hati. Terutama dalam hal menjaga hati. Eits! Kita tidak akan berbicara mengenai agama atau jodoh di sini. Meskipun dalam beberapa hal...

Apa yang Harus Aku Lakukan? Kuliah tapi Tidak Mau Menyusahkan Orangtua Soal Biaya

Nama: Adik Cantik Curhat soal: Kuliah Curhat:Assalammualaikum, Fin, aku mau cerita nih. Aku baru aja lulus SMA, tahun 2018 kemarin ini. Aku pengeen banget ngrasain suasana perkuliahan kayak temen-temenku lainnya yang sudah daftar kuliah, aku juga...

Keterampilan yang Terdapat dalam Berbahasa Indonesia, Apa Saja?

Terampil sendiri bermakna cakap atau mampu dan cekatan, sebagai kata dasar dari kata keterampilan. Sedangkan keterampilan, bermakna kecakapan atau kemampuan dan kecekatan. Keterampilan berbahasa adalah kemampuan dan kecekatan menggunakan bahasa yang meliputi membaca, berbicara,...

Ini Dia Cara Penulisan Gelar yang Sesuai Kaidah Kebahasaan

Penulisan gelar sendiri, meskipun terdengar hanya seperti persoalan kecil, tetapi banyak orang yang tidak memahami cara penulisan gelar yang benar. Padahal, penulisan gelar termasuk persoalan kebahasaan yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Berdasarkan aturan kebahasaan...

Blogger: Profesi Penting Penunjang Sistem Informasi bagi Kelangsungan Manajemen dalam Revolusi Industri 4.0

Oleh: Finaira Informasi di era tahun 2018 ini kian menjadi sebuah kebutuhan yang penting bagi tiap lapisan masyarakat. Tidak heran, jika persentase kebutuhan psikis manusia akan informasi dapat dikatakan hampir setara dengan persentase kebutuhan fisik...

Apa itu Organisasi dan Mengapa Teori Organisasi Tak Layak Disebut Teori?

Oleh Finaira Organisasi lahir akibat sekelompok individu yang menghadapi pekerjaan besar untuk dilakukan seorang diri. Lalu, dengan berorganisasi pekerjaan itu dapat dibagi-bagi kepada individu sesuai kemampuan dan porsinya masing-masing dengan target tertentu. Pembagian tersebut secara...

Sistem Belajar Mandiri di Universitas Terbuka

Oleh Finaira Universitas Terbuka merupakan sebuah universitas negeri yang jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia secara umum. Padahal, UT ini merupakan pilihan terbaik untuk rekan-rekan yang ingin kuliah nggak ribet dan terkendala dengan minim-nya waktu akibat...

Kuliah di Universitas Terbuka? Kenapa Nggak?

Oleh FinairaAda yang pernah dengar tentang Universitas Terbuka? Jangan seluk-beluknya, deh, namanya saja, ada yang tahu?Rata-rata pasti akan tanya kembali, “Universitas Terbuka?” Ya, itu adalah rata-rata jawaban yang sebenarnya berupa pertanyaan jika ditanya tentang...

Apa Makna Bahasa Sebenarnya? Dan Bersifat Seperti Apa?

Oleh Finaira Sebenarnya apa itu bahasa? Untuk menjawabnya, coba dengarkan orang berbicara. Apa yang terdengar? Kalimat, kata, dan banyak hal lain yang dapat disebut sebagai bahasa. Tetapi, sebenarnya, kalimat yang diujarkan itu merupakan susunan bunyi...

Negara, Bangsa, dan Masyarakat Indonesia

Ditulis oleh Finaira Definisi negara menurut para ahli, adalah sebagai berikut: Aristoteles: persekutuan daripada keluarga dan desa guna memperoleh hidup yang sebaik-baiknya. Bluntschi: suatu diri rakyat yang disusun dalam suatu organisasi politik di suatu daerah tertentu. Hans Kelsen:...