Aventree: Resto Ala Korea dan Homestay di Malang sebagai Jujukan Wisatawan

13

Mau cari homestay dan restoran unik di Malang yang buat kamu berasa jalan-jalan ke Korea, tapi serba halal?

Uwuuw! Assalammualaikum, mina-san, genki desuka?
Eh, kok pakai bahasa Jepang. Fin ralat, sebentar. Kita take ulang.
Uwuuw! Assalammualaikum, annyeonghaseo, chagideul-ah! Ottokhe jineseyo? Joh-eun haru doeseyo. (Ngomong, apa, Fin? Nanti, ya, ada translate-nya)

Ngomong-ngomong soal bahasa Korea, Fin sendiri baru menguasai beberapa kosakata Korea, hanya beberapa kalimat-kalimat yang umum diucapkan sebagai percakapan sehari-hari saja, dan beberapa kosakata yang sering Fin dengar ketika menonton sebuah drama. Fin nonton drama Korea? Buat apa? Memangnya kenapa kalau Fin nonton drama Korea, kan untuk memperkaya referensi tulisan dengan cara yang mudah selain membaca. Nanti kalau baca novel Fin, bahasanya terlalu ilmiah, padahal lagi bahas tentang kehidupan seorang pengacara, dikritik katanya nggak menguasai bidang itu.

Ya, memang, Fin kan kuliah di jurusan Ekonomi, dan untuk hal tersebut, otak Fin belum tentu mampu untuk bisa dipaksakan kembali mempelajari subjek-subjek hukum hingga kehidupan pengacara, bahkan ilmuan, dokter, hingga ke akar yang berkelumit-kelumit itu. Nah, rujukannya apa biar Fin nggak hanya baca teorinya? Nonton film adalah salah satu caranya, dan drama Korea juga merupakan referensi jalan cerita yang cukup menarik.

Ngomongin Drama: Part 1 Hymn of Death, Perjalanan Batin dan Sebuah Kisah Cinta

Maafkan aku yang seringkali unggah dan edit-edit foto engkau ya, Mbak. Hahha, habisnya dikau begitu ekspresif saat berhadapan dengan kamera. Cmiww.

Makanan di Drama Korea yang Berhasil Bikin Ngiler

Selain untuk mencari rujukan inspirasi dan teori, Fin suka nonton film itu karena melihat apa yang tokohnya makan dan kemana mereka pergi. Bukan apa-apa, hanya saja, Fin seringkali gagal diet, jika sudah menginginkan makanan tertentu. Seperti dalam beberapa waktu ini, rasanya Fin kian dibuat ngiler dengan makanan yang dimakan para pemeran dalam drama Korea. Yang paling bikin penasaran rasanya itu, ya, si Teokpokki atau kue beras. Jajanan yang seringkali dimakan di kedai pinggir jalan dalam film-film Korea. Dan hampir selalu ada di setiap drama yang Fin makan, eh, tonton.

Juga si nasi gulung mirip shushi, Kimbap. Dan ada satu lagi, pernah nonton K-Drama yang berjudul, “Strong Woman, Do Bong-Soon” yang saat ini sudah nampang di layar kaca Indonesia? Nah, dalam drama ini makanan yang seringkali muncul itu si mie hitam, Jajangmyun. (Sebentar, Fin lap iler dulu.) Nah, tiap kali lihat pemeran makan dengan lahap, rasanya Fin mendadak langsung lapar. Namun, berhubung makanan-makanan Korea yang Fin lihat itu nggak mungkin pesan dari Korea, akhirnya Fin hanya bisa menelan ludah melihatnya. (Sembari bertanya-tanya, kapan Fin ke Korea atau setidaknya bisa merasakan makanan-makanan yang terlihat super duper lezat itu.)

Menu makanan di Aventree

Ternyata di Malang Bisa Makan Teokpokki

Berangkat dari keinginan itu, kemarin Fin akhirnya bisa merasakan yang namanya kue beras ala Korea, alias si Teokpokki. (Ya, ampun, rasanya lebih enak daripada yang Fin bayangkan, coba makannya sama si doi halal.) Tepatnya hari Ahad tanggal 22 September, kemarin, Fin dan teman-teman Blogger di Malang, berkesempatan menjelajah kuliner khas Korea, tanpa harus pergi ke Korea dan tentu saja tanpa khawatir tentang status kehalalan doi  makanan itu. Tahu sendiri, kan, kalau makanan di Korea sebagian besar, bahkan mungkin hampir seluruhnya, terbuat dari babi. Please be wise, untuk selalu berhati-hati dengan apa yang kita makan, ya.

Ngomongin Drama: Part 2 Hymn of Death, Perjalanan Batin dan Sebuah Kisah Cinta

Menilik Secuil Perjalanan Avantree

Aventree adalah jawaban dari keinginan Fin yang lama sekali ingin makan Teokpokki dengan tenang ditemani suasana resto ala Korea. Menengok ke belakang sebentar, Avantree ini merupakan resto yang mengusung konsep BBQ and grill pertama di Kota Malang. Berdiri sejak 9 Juli 2014, alias 5 tahun lebih, Avantree telah berkecimpung di dunia kuliner dan menjadi salah satu list itinerary wisata kuliner di Kota Malang. Dengan menggabungkan homestay dan restoran, Avantree serasa menjadi jujukan tersendiri bagi wisatawan.

Dan tahukah, kamu? Bahwa Aventree ini memiliki 2 kosakata bahasa asing dalam namanya, yaitu Aven dan Tree. Aven yang merupakan sejenis kekuatan magis untuk memikat orang-orang, dari bahasa Romawi. Kemudian Tree, yang berarti pohon dalam bahasa Inggris. Dengan harapan bahwa Aventree dapat menjadi tempat singgah yang meneduhkan dan nyaman bagi wisatawan, sehingga dapat menarik mereka untuk kembali datang.

Blogger Gathering di Aventree, 22 September 2019. Bersama Ario Panjiasmoro (owner, baju abu-abu, 3 dari kiri)
“Inginnya agar Aventree bisa menjadi opsi tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Malang, ujar Pak Ario Panjiasmoro, selaku pemilik dari Aventree yang ditemui di Aventree, Ahad, (22/9).

Dengan segala proses jatuh bangunnya, ada yang menarik di salah satu sudut ruangan Aventree. Terdapat sebuah kutipan yakni ‘Apa yang kamu tanam, itu yang kamu tuai dalam aksara hangeul. Di mana sebenarnya ini merupakan kutipan yang serupa dengan kutipan yang seringkali muncul pula di K-Drama, dengan istilah ‘Give and Take. Nggak hanya itu, sebuah motivasi yang menurut Fin layak sekali untuk diteladani dari kisah lulusan Swiss Germany University di Tangerang, jurusan Manajemen Perhotelan, dan yang juga sempat pergi ke Korea untuk belajar langsung dalam pembuatan menu-menu Korea.

“Tetap fokus dan jangan ikut-ikutan.”

# Menu Favorit dan Sensasi Memasak Sendiri
Pasti tahu, dong, bahwa di Korea itu ada banyak restoran bahkan kedai pinggir jalan yang menyediakan menu BBQ, alias menu daging bakar sendiri (biar kamu nggak bingung pengin bakar hati mantan yang sudah punya pasangan, sengaja jalan di depan kamu secara perlahan, supaya kamu kelabakan). Eits! Tenang, semua bahan-bahan yang tersaji, nggak perlu kamu bumbui sendiri, kok. Jadi tenanglah soal rasa, karena bahan-bahan yang siap sedia kamu bakar di meja itu sudah di-marinate dengan bumbu.

Nah, si menu BBQ ini sendiri paling sering dipesan oleh para pengunjung resto. Di mana lagi, kan, bisa merasakan sensasi makan di resto ala Korea? Sampai alat makannya pun pakai sumpit. Masih pemula dalam per-BBQ-an? Tim Aventree siap membantu memanggangkan. Tapi, lebih seru kalau masak sendiri, kan. Di mana dalam menu BBQ, bisa pesan langsung dalam bentuk paket. Jadi lebih hemat dan lengkap tentu saja. Ada menu apa saja yang bisa dipesan kalau nggak mau yang langsung satu paket? Ada Beef Marinated, Woosamgyup, Deungsimsal, Galbisal, Chicken Marinated, Shrimp, Gindara, Squid, dan Grill Salted Mackerel. Hayo, loh, bingung, kan? Ini hanya bagian-bagian daging dapi, daging ayam, udang, dan seafood, sebenarnya.

Menu BBQ dan Reseptionist

Kalau menurut Fin, andaikan sendirian dan ingin menu BBQ Package, gih, coba pesan BBQ Package untuk 2 orang yang Combo Special. Yakin, bakal habis, deh, tanpa sadar. Yang suka pedas, bisa banget untuk tambahkan menu Jjamppong. Dan saat order Jajangmyun, Fin sarankan juga order Odeng atau Miyeokguk, tiga menu itu jika kuahnya dicampur ada cita rasa tersendiri, loh. Jangan lupa juga untuk rasakan si Teh Yuzu yang terbuat dari kulit jeruk. Awas pulang-pulang timbangan nganan.

# Separated Area
Ini yang paling Fin suka dan sangat luar biasa dari Aventree, yaitu adanya area merokok yang dipisahkan dengan area dilarang merokok. Sebagai orang yang seringkali pusing dan selalu batuk-batuk, hingga sulit napas, saat menghirup asap rokok, Fin seringkali nggak jadi masuk ke suatu tempat makan kalau ada yang merokok dengan bebas. Terutama yang ada dalam ruangan. Nah, di Aventree ini adalah pemisahan ruangan begini adalah hal yang semoga ditiru oleh restoran lainnya. Bukannya mendiskriminasi, tetapi hanya saling menghormati hak sebagai sesama penikmat oksigen di tempat umum saja.

# Area Luas
Nggak cuma itu, adanya ruang terbuka di tengah-tengah restoran itu juga bagus untuk sirkulasi udara. Di area tangah, terdapat sebuah skat yang diisi dengan tanaman-tanaman hijau memberikan kesan sejuk dan luas. Area resto juga memang luas, karena terdapat beberapa ruangan yang dipisahkan dengan skat kayu atau kaca. Juga dengan adanya area restoran hingga di lantai dua. Menurut penuturan Pak Ario sendiri, resto ini berkapasitas 120 orang.

# Coffee-Things dan Reservasi
Nggak lengkap rasanya kalau makan tanpa ditemani kopi, bagi pecinta kopi, mencoba berbagai jenis kopi di mana pun berpijak adalah sebuah penghormatan terhadap biji kopi. Aventree ini bekerjasama dengan Illy dalam berbagai varian menu kopi-kopiannya dan yang mengejutkan sebenarnya adalah harga. Di mana dari tiap menu kopi, range harga berkisar di 10K-25K saja. That’s awesome.

Jam buka

Untuk kamu yang ingin mengadakan pertemuan di Aventree juga bisa langsung booking restoran, misalnya kamu ulang tahun atau ingin mengadakan gathering komunitas fans club, dan lain sebagainya. Kamu bisa banget untuk mengagendakan acara di sini, dengan down-payment alias DP 500K, kamu bisa langsung booking restoran, tanpa khawatir kehabisan tempat. Dan lagi, di Aventree ada membernya, loh, tapi masih khusus untuk komunitas. Dengan menjadi member, tiap kali komunitas nongki-nongki tentu akan ada harga khusus member.

# Wood-Recycling Things
Back to the nature! Ketika pertama kali masuk ke Aventree, langsung disambut dengan segala perabot berbahan kayu, meja, kursi, bahkan tangga, juga bingkai-bingkai foto. Konsep kayu-kayuan ini selalu berhasil memikat Fin, bagaimanapun bentuknya, pasti terlihat heritage, gitu. Dan yang lebih menarik dari itu adalah fakta bahwa perabot di Aventree adalah sebuah hasil dari pemakaian ulang kayu-kayu bekas, jadi bukan kayu yang benar-benar baru tanpa noda.

Ini semacam turut mengampanyekan, “sayangi alami, sebelum alam menyerah menghidupimu.”

9 Hal Unik Tentang Malang yang Wajib Umak Ketahui

Homestay yang Nggak Boleh Dilewatkan di Aventree

Selain restoran, Aventree ini juga terdapat fasilitas homestay, iya, tempat menginap. Aventree memiliki total 10 kamar yang bisa disewa, biasanya, sih, pada saat musim wisuda homestay sering penuh. Pak Ario ini memberanikan diri untuk membangun ‘hotel’nya sendiri di usia muda, setelah bertahun-tahun berkecimpung di dunia perhotelan, bahkan tuturnya, ia pernah bekerja di sebuah hotel internasional di Abu Dhabi selama 2 tahun. Dibuka secara bersamaan dengan resto, homestay di Aventree ini patut diacungi jempol.

Tampilan dan fasilitas dari Standart Room di Aventree

# Wajib HALAL
Uhuk! Bukan, bukan berarti jomblo nggak boleh menginap di salah satu kamar di Aventree. Namun, peraturan ini berlaku bagi pasangan yang ingin menyewa kamar, jadi sebelum menyewa pastikan untuk membawa tanda bukti bahwa kamu sudah menikah dengan si dia. Nah, menurut Pak Ario, jika ada yang masih ‘nakal’ dengan berbagai cara masih tetap berusaha untuk membawa pasangannya itu, sesuai dengan ketentuan dan standar operasional perusahaan, maka akan ditegur hingga ke kamarnya. Bombarda!

# Fasilitas Lengkap
Cari homestay pastinya yang memiliki fasilitas lengkap dengan mobilitas mudah, kan? Aventree ini memberikan beragam fasilitas kamar yang menggiurkan. Mulai dari kamar mandi dalam yang bersih, lalu akses Wi-Fi tiap kamar, kemudian televisi, dan tentu saja AC. Hampir serupa dengan konsep di bagian restonya yang berada di satu bangunan dengan homestay, lagi-lagi Fin dibuat meleleh dengan konsep kayu-kayuannya dan tone warna kamar yang dipakai. Warna alam banget.

Dengan jadwal check-in pukul 14.00 dan check-out maksimal pukul 12.00. Nggak perlu khawatir dengan keamanan, karena tim security siap stand-by selama 24 jam menjaga keamanan kamu. Nggak cuma itu, di Aventree juga menyediakan jasa laundry bagi tamu dengan biaya tersendiri. Dan yang paling penting adalah sarapan, jika menginap, maka dari semua tipe kamar, kamu akan mendapatkan free-breakfast dan juga air mineral selama menginap, sehari 2 botol. Then, di Aventree juga ada mushola bersih dan cukup luas dengan alat sholatnya sekalian, kok. Imamnya saja paling yang belum ada, hahha.

# Travel Agent
Nah, buat yang pengin jalan-jalan keliling Malang atau Batu, atau ke tempat-tempat wisata, nggak perlu cari travel agent sendiri. Karena kamu tinggal sanjang (bilang) ke resepsionis kamu ingin berwisata ke tempat-tempat mana yang sesuai dengan budget kamu. Mudah, banget, kan? Karena Aventree sudah bekerjasama dengan travel agent yang siap menemani kamu keliling Malang Raya tanpa ribet.

# Tipe Kamar
Dari 10 kamar yang ada di Avantree, ada 2 tiep kamar yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kamu saat menginap, yaitu Deluxe Room dan Standart Room. Untuk standart room ini pas banget buat para backpacker yang mencari kenyamanan dengan tidur di ranjang masing-masing.

Tampilan dari fasilitas Deluxe Room di Aventree

Di akhir perjalanan menelusuri sudut-sudut Aventree, karena Fin harus segera pulang, sebelum termakan kegelapan di jalan yang sebenarnya malam kemarin malah ramai sekali di jalan-jalan yang biasa sepi tanpa lampu (ada karnaval di beberapa desa yang harus Fin lalui untuk sampai rumah, soalnya). Fin mendapatkan jodoh, eh, motivasi saat berkunjung ke Aventree, di mana segala hal itu butuh diperjuangkan dan pengalaman, juga kerja keras dan kerja cerdas.

Sementara Aventree yang hampir 6 tahun ini malang melintang di dunia wisata dan kuliner Malang, Fin harus undur diri dari cerita ini sebelum kian panjang obrolannya. Untuk menutupnya, berikut CV yang bisa kamu gunakan untuk ta’aruf dengan Aventree.

Name          : Aventree BBQ Resto and Homestay
Address       : Jalan Soekarno Hatta Blok B Nomor 4A, Malang
Instagram   : @Aventreeid
Open Hours :
– Resto        : Weekdays (12PM – 10PM) | Weekends (12PM – 11PM)
– Homestay : 24 Hours

Well, See You in Malang!

Tabik,
#BloggerJomblo

13 COMMENTS

  1. Hebatnya Korea Selatan bisa melebarkan pengaruhnya lewat budaya, makanan, dan film mereka. Hebatnya Korea Utara bisa bikin merinding saat denger namanya xixixi

    Makin banyak tau rekkmendasi soal Malang jadi pengen bener2 sampai kesana huhuhu

  2. Sebagian menu Korea memang cocok dengan lidah Indonesia kayak Teopokki, Jjampong dan lain-lain sehingga minatnya juga banyak ditambah lagi Korea menjadi salah satu kiblat Idol sebagian kaum remaja Indonesia..
    Jadi, cocok banget buat para penggemar Korea bisa langsung rasain sensasi makanan ala Korea di Aventree ini..
    Btw editannya keren hehe
    Good luck ..

  3. Aventree ini well-organized banget ya. Sampai-sampai ruangan dilarang merokok dan area merokok pun dipisahkan. Owner punya visi yang baik, jadi pengen ke sana kalau ada kesempatan ke Malang, eh tapi kalau ada cabangnya di Padang lebih bagus lagi, hehe

  4. Unyu banget sih tulisan artikelnya warna-warni, Fin..aku cari resto Korea yang halal dan terjangkau belum ketemu ey, penasaran pengen tteobokki nya dulu pernah coba di hotel kurang sreg, sama mi hitam, kala nonton Drakor makin penasaran..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here