Aurora, Fenomena Alam Memukau yang Berbahaya

2

Oleh Finaira


Di Bumi yang semakin tua ini, dunia tak akan luput dari berbagai fenomena alam. Baik fenomena yang memukau seperti pelangi, fenomena yang mengerikan seperti hujan darah. Atau bahkan fenomena alam yang memukau, tetapi mengerikan seperti aurora.

Aurora merupakan salah satu fenomena alam terindah di Bumi. Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet. Hal itu disebabkan adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut, dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari.

Baca juga: Anomali Cinta by Finaira – Prolog

Munculnya aurora sering dikaitkan dengan wabah penyakit dan peperangan. Seperti di North Country, Inggris, aurora dikenal dengan ‘lembing terbakar’. Sebelum Revolusi Perancis meletus, sebuah aurora muncul di Skotlandia yang bersamaan dengan kematian James Ratcliffe—yang dikenal dengan Lord Derwenwanter. Sejak saat itu, aurora dikenal dengan nama ‘Cahaya Lord Derwenwanter’.

Sebenarnya, aurora tercipta di udara disebabkan oleh atom dan molekul yag bertumbukan dengan partikel bermuatan, terutama elektron dan proton yang berasal dari matahari. Bagian pentingnya adalah angin matahari, angin ini menggerakkan sejumlah besar listrik dari atsmosfer yang bertabrakan dengan gas yang membuat aurora bergerak.

Baca juga: Cerpen – Bagong

Sebab pengaruh proton yang bertumbukan dengan atom di atsmosfer itu pula, akan menjadikan aurora berbahaya. Hal tersebut mengakibatkan gangguan penerimaan radio, televisi, dan telegraf. Gangguan aurora terkuat yang menakjubkan pada telegraf, terjadi di Amerika Serikat pada bulan September 1851.

Jadi, segala sesuatu yang memukau di dunia ini tidak selalu tetap bermanfaat. Begitu pun sebaliknya. Nantikan artikel selanjutnya. _fin_

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here