Aplikasi Edit Video Keren yang Bisa Kamu Gunakan di Android, Gratis!

20

Zaman sekarang dimana Revolusi Industri telah mencapai tahap yang begitu megejutkan. Perubahan-perubahan terhadap dunia teknologi ini dikaitkan dengan berbagai perubahan dalam bidang-bidang lainnya, seperti gaya hidup masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan transaksi. Semua bisa dilakukan dengan jari dari manapun kamu berada. Begitu pula dengan pola mata pencaharian yang lebih terorientasi pada branding diri menggunakan media sosial, atau cara menikmati santapan berita.
Santapan berita yang seolah menjadi kebutuhan yang kontinu, tetapi dengan cara yang berbeda sehingga dapat diminati semua pihak. Kondisi itu mengakibatkan banyak orang memilih untuk menyaksikan berita atau informasi berupa video, daripada teks cetak. Dengan ini, muncul lah banyak pengisi konten berbasis audio visual atau video yang diunggah dalam platform seperti You Tube yang terkenal atau Video atau MeTube, dan platform serupa lainnya.

Baca juga:5 Aplikasi Galeri Foto Terbaik dan Gratis di Microsoft Store

Munculnya para pengisi konten video, biasa disebut YouTubers atau Vlogger. Terkadang, konten mereka bisa membuat iri, mengingat jika bayaran mereka tidaklah tergolong sedikit, tetapi jutaan hingga puluhan juta. Nah, kamu yang ingin memulai menjadi YouTubers, tetapi tidak mempunyai komputer atau kamera bagus, jangan khawatir! Kamu bisa menjadi YouTubers dengan ponsel pintar kamu. Kamu juga bisa mengedit video dengan menggunakan aplikasi pengolah video yang bisa kamu unduh dan gunakan di Android kamu. Ini dia beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan secara gratis!

1.Viva Video
Banyak sekali para warganet yang sudah sering menggunakan aplikasi satu ini untuk membuat video. Mudahnya penggunaan dan kapasitas memori yang hanya 40 mb menjadi pilihan. Selain itu, penggunaan aplikasi ini cukup sederhana dengan beragam tool untuk mempercantik video kamu. Dengan banyaknya efek transisi yang bisa dipilih.Namun, untuk video yang dibuat dengan aplikasi ini biasanya memiliki tanda air (watermark) yang bisa kamu tempatkan sesuai keinginan. Jika kamu ingin menghilangkan tanda air itu, kamu harus mengunduh aplikasi premiumnya dengan membayar sekian ratus ribu. Selain itu, ada beberapa tool yang hanya bisa dipakai saat menjadi VIP member alias membeli tool tersebut. Meskipun, kini terdapat banyak aplikasi yang dibagikan secara gratis tanpa ada tanda air dalam hasil video kamu nanti.

2. KineMaster
Aplikasi pengolah video ini bisa kamu gunakan di Android dan IoS, seperti aplikasi sebelumnya. KineMaster ini juga dinilai lebih mudah daripada VivaVideo, karena tool yang lebih sederhana dengan beragam efek yang bisa dipilih. Aplikasi ini memakan kapasitas memori hanya 40 mb dan kamu bisa menggunakannya sebagai aplikasi edit video di ponsel.
Sama seperti Viva Video, setelah membuat video dengan KineMaster akan terdapat tanda air (watermark) yang terdapat di pojok. Selain itu, terdapat pula biaya jika kamu ingin menghilangkan tanda airnya. Meskipun, ada juga yang sudah membagikan dengan gratis versi premium tanpa tanda airnya yang bisa kamu unduh secara gratis. Hanya pastikan untuk memilih pranala yang tepat, agar aplikasi edit video yang kamu unduh benar-benar adalah aplikasi yang resmi dan benar.

Baca juga:3 Alasan Kenapa Sebaiknya Instal Program dari Microsoft Store

3. Quick
Aplikasi satu ini mungkin tidak se-famous dua aplikasi edit video sebelumnya, Viva Video dan Kine Master. Namun, aplikasi satu ini cukup bagus untuk dijadikan aplikasi pengedit video kamu yang mau memulai untuk menjadi pengisi konten video. Dalam aplikasi video ini, kamu bisa menemukan banyak efek, judul, gaya tulisan dan tool lain. Meskipun, kapasistas memori yang dibutuhkan cukup besar yakni 100 mb untuk menggunakan aplikasi satu ini.

4. FilmoraGo
Aplikasi satu ini merupakan aplikasi yang rupanya sedang menjadi tren dan menyaingi dua aplikasi tenar sebelumnya, yakni Viva Video dan Kine Master. Hal ini karena dalam video yang kamu buat, tidak akan terdapat tanda air. Selain itu, aplikasi ini hanya membutuhkan 35 mb dari kapasitas memori di ponsel kamu, dan kamu bisa menyunting video dengan beragam efek dan tema yang disediakan. Selayaknya aplikasi lain, FilmoraGo menyiapkan program dalam beberapa bahasa yang bisa dipilih. Meskipun, masih terdapat beberapa kekurangan seperti terbatasnya jenis judul atau efek tulisan. Namun, aplikasi satu ini sangat cocok buat kamu untuk memulai belajar mengedit video.

5. Adobe Premier Clip
Aplikasi ini merupakan versi Android yang bisa diunduh di ponsel dari versi aslinya yang berbasis PC. Untuk semua tool dan transisinya memang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, selain itu kapasitas memori yang dibutuhkan hanya 57 mb. Namun, untuk para pemula dalam editing video biasanya akan mengalami kendala, dikarenakan tampilan dan tool yang terlihat benar-benar rumit dipahami. Meskipun, begitu, aplikasi ini sangat cocok untuk dijadikan aplikasi andalan saat mengedit video di ponsel.

Dari kelima aplikasi edit video di atas, tentunya masih banyak aplikasi edit video yang bisa kamu unduh melalui PlayStore dan kamu gunakan di ponsel. Jadi, kamu bisa menjadi pengisi konten berbasis video tanpa harus memiliki komputer dengan spec tinggi atau memiliki kemampuan editing video yang mumpuni. Kamu cukup memulainya dari detik ini!_fin_

20 COMMENTS

  1. favorit saya untuk smartphone android pake kinemaster/power director..

    kalau di iOs pake power director/inshot

    kalau di laptop/pc tetep premier atau lightwork

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here