7 Bahan Herbal untuk Rawat Rambut dengan Maksimal

0

Rambut merupakan mahkota bagi manusia, terutama bagi perempuan. Selain itu, rambut juga bagian penting dari tubuh yang perlu mendapatkan perawatan khusus, baik itu bagi perempuan berhijab atau pun tidak. Bagaimanapun juga, rambut yang tidak dirawat dengan baik akan mengganggu penampilan dan kenyamanan. Misalnya rambut yang kusam dan bercabang, atau rambut rontok dan gampang patah hingga membuat khawatir akan mengalami kebotakan dini, atau permasalah lain seperti ketombe.

Permasalah mengenai rambut sendiri tidak lepas dari hal-hal tersebut, tetapi untuk perawatannya tidak perlu mengeluarkan biaya besar demi pergi ke salon setiap hari. Demi menjaga penampilan dan kesehatan rambut, perawatan juga bisa dilakukan di rumah dengan bahan-bahan sederhana yang bisa didapatkan dari bahan dapur. Selain itu, menggunakan bahan herbal sebagai perawatan juga dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Berikut ini bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai perawatan rambut.

Baca juga: Brand Streetwear USA Supreme

  • Pisang dan pepaya

Dua buah ini pasti sudah sering dijumpai, karena jumlahnya yang melimpah tanpa peduli musim atau tidak, kan? Yap, bahkan di minimarket pun sudah tersedia setiap saat. Bagaimana menggunakannya? Caranya mudah, haluskan pisang dan pepaya dalam jumlah yang sama banyak. Setelah halus, campurkan 2 sendok makan madu, aduk rata. Kemudian oleskan pada rambut, tunggu hingga kering. Bilas dengan shampo dan air dingin.

  • Kelapa dan jeruk nipis

Campurkan satu gelas santan dengan satu gelas jus jeruk nipis, lebih baik jika santannya bukanlah santan instan, karena akan memperoleh hasil yang lebih maksimal. Kemudian aduk rata, lalu simpan dalam lemari es sampai mengental atau menjadi krim. Lalu, oleskan pada rambut hingga rata, lalu tutup dengan handuk hangat selama 1 jam. Kemudian bilas dengan shampo dan air biasa.

  • Seledri

Ambil beberapa batang seledri, lalu tumbuk hingga halus. Kemudian campur dengan air secukupnya dan masukan dalam botol, simpan selama 1 malam. Keesokan harinya dapat digunakan untuk creambath setelah keramas.

Baca juga: Fakta Unik tentang Wanita

  • Minyak zaitun

Menggunakan minyak zaitun sangat mudah dan sudah sering digunakan dalam beragam perawatan. Selain manfaatnya yang besar, tiap perawatan biasanya tidak membutuhkan bahan tambahan lain lagi. Termasuk untuk perawatan rambut, yang dapat membuat rambut hitam dan berkilau, serta kuat. Caranya dengan oleskan minyak zaitun secara merata pada rambut. Lalu diamkan selama beberapa jam, kemudian bilas dengan air. Jika perlu, setelah keramas gunakan kembali minyak zaitun agar rambut lembap dan halus.

  • Daun mangkokan dan bunga lidah mertua

Caranya campurkan kedua bahan tersebut dengan cara diremas-remas, tambahkan air secukupnya. Setelah itu oleskan air remasan pada rambut dan tunggu hingga kering. Kemudan bilas dengan shampo dan air.

Baca juga: Makanan Sehat bagi Ibu Hamil, yang Tabu Menurut Orang Jawa

  • Lidah buaya

Atau aloe vera, dalam jenisnya setiap lidah buaya dapat membantu merawat rambut. Dalam produk perawatan rambut pun sudah banyak menggunakan ekstrak lidah buaya sebagai bahan utama, hal ini karena lidah buaya dapat menghitamkan rambut dan melembapkan kulit kepala. Caranya sendiri sangat sederhana, dengan mengoleskan lendir yang ada di lidah buaya dari kulit kepala hingga ujung rambut. Tunggu sekitar 15-30 menit, lalu bilas dengan air bersih dan juga cuci dengan shampo.

  • Kulit semangka

Dalam penggunaannya, kulit semangka yang dimaksud adalah bagian putih yang tidak ikut serta dimakan. Tidak perlu sengaja membeli semangka seharusnya, ketika makan semangka, sisakan bagian putihnya kemudian tinggal oleskan ke kulit kepala secara merata. Kemudian bilas dengan air. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi kerontokan rambut.

Dari berbagai bahan dan cara yang ada di atas, tentu saja harus dilakukan secara rutin agar manfaatnya lebih terasa perbedaannya dari sebelum menggunakan bahan-bahan tersebut. Bagaimanapun juga, meskipun menggunakan produk perawatan rambut apa pun, haruslah digunakan secara rutin dan hasilnya juga tidak mungkin dapat terlihat setelah penggunaan pertama. Terutama, jika menginginkan hasil yang maksimal dan bertahan secara permanen, perawatannya pun harus rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here